PENGGUNAAN ALAT PERAGA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBILANG MATA PELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA TUNARUNGU WICARA KELAS SATU SLB NEGERI PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Oleh :
Agus Mardiyati
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar membilang pada mata pelajaran matematika dengan penggunaan alat peraga gambar bagi siswa kelas I tunarungu wicara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode yang digunakan metode kualitatif, sedang subjek penelitian adalah siswa tunarungu wicara kelas I dan guru SLB Negeri Purbalingga dengan jumlah siswa 8 anak terdiri dari 2 siswa laki-laki, 6 siswa perempuan dan dua guru sebagai peneliti dan kolaborator. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik observasi dan tekhnik tes. Sedangkan untuk menganalisis data dengan menggunakan deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga gambar dapat meningkatkan prestasi belajar membilang mata pelajaran matematika bagi siswa tunarungu wicara kelas I SLB Negeri Purbalingga tahun pelajaran 2008/2009.
[ pdf ]

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.