ANALISIS KEMITRAAN POLA INTI-PLASMA PETERNAK AYAM RASPEDAGING (KASUS PADA MITRA USAHA PT SIERAD PRODUCE)
Oleh :
Ayustina Krisniati

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemitraan antara PT Sierad Produce dengan peternak ayam ras pedaging di Kabupaten Semarang melalui identifikasi faktor internal kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman sehingga dapat dirumuskan alternatif strategi yang tepat dikembangkan untuk keberlangsungan kemitraan.

Adanya diskriminasi usaha antara pelaku agribisnis di tingkat on farm dengan pelaku agribisnis di tingkat off farm menjadkan kemitraan sebagai salah satu alternatif pemecahan masalah tersebut. PT Sierad Produce sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis peternakan, sejak tahun 1999 menjalin kerjasama dengan peternak mitra usaha untuk memperlancar kegiatan usahaternak ayam ras pedaging. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai faktor penentu strategi yang tepat dikembangkan dalam sistem kemitraan antara PT Sierad Produce dengan peternak mitra usaha.

Metode dasar penelitian adalah metode deskriptif. Penentuan sampel lokasi dilakukan secara sengaja. Pengambilan peternak sampel dilakukan dengan metode proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dan observasi. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penentu keberlansungan kegiatan sistem kemitraan antara PT Sierad Produce dengan peternak mitra usaha yaitua adanya rasa saling membutuhkan antara inti dengan plasma, adanya komitmen terhadap bisnis, adanya kepastian pemasaran, adanya kepastian ketersediaan sarana produksi peternakan, adanya kebijakan kerjasama, sebagai sumber pendapatan peternak mitra usaha, dan adanya kemampuan keuangan tergolong kekuatan dalam faktor internal SWOT;bias pemahaman antara inti dengan plasma, kurangnya bimbingan teknis manajemen usaha dan produksi, kurangnya kontrol mutu sarana produksi peternakan, dan kurangnya pemecahan masalah secara keseluruhan tergolong kelemahan dalam faktor internal SWOT; adanya peluang pengembangan usaha, adanya peluang lapangan kerja, dan adanya peluang peningkatan jumlah sumber daya manusia trampil tergolong peluang dalam faktor eksternal SWOT; munculnya penyakit dan adanya perusahaan inti agribisnis peternakan selain PT Sierad Prouce tergolong ancaman dalam faktor eksternal SWOT.

Kondisi sistem kemitraan berada pada sel tumbuh dan bina pada matrik IE dimana dimana strategi didesain melalui pengembangan pasar dan produk serta peningkatan pelayanan jasa. Strategi yang tepat dikembangkan dalam sistem kemitraan antara PT Sierad Produce dengan peternak ayam ras pedaging mitra usaha yaitu memperluas upaya pemasaran produk, meningkatkan mutu dan pelayanan sapronak kepada peternak mitra usaha, mengupayakan kemudahan akses modal bagi peternak mitra usaha, meningkatkan kualitas produk peternak mitra usaha, meningkatkan komunikasi, penyuluhan dan bimbingan kepada peternak mitra usaha secara kontinyu dan berkelanjutan, meningkatkan profesionalitas peternak mitra usaha dalam memahami arti penting kerjasama, menjaga kualitas sarana produksi peternakan, mempertahankan loyalitas peternak mitra usaha terhadap perusahaan melalui pemberian reward dan kontrol mutu sapronak, mengidentifikasi secara tepat kemungkinan munculnya wabah penyakit, menerapkan sistem

[ pdf ]

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.