ANALISIS PENGARUH DIMENSI KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DENGAN PERSEPSI KEPUASAN UPAH YANG DITERIMA KARYAWAN SEBAGI MODERATOR
Oleh :
Idradi Yatna Gunardi
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui analisis pengaruh dimensi-dimensi kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional, dengan persepsi kepuasan upah yang diterima karyawan sebagai moderator. Data dikumpulkan dari 200 karyawan di PT Sawah Karunia Agung Tekstile, Karanganyar – Surakarta, dengan menggunakan metode pengambilan sampel simple random sampling. Untuk mengukur pengaruh dimensi-dimensi kepuasan kerja, para karyawan diminta untuk merespon pertanyaan yang berasal dari The Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ) yang dikembangkan oleh Moorman (1993) dalam Journal of Human Relations. Dengan 11 pertanyaan untuk dimensi instrinsik kepuasan kerja (11 items,  = 0.6773), dan 9 pertanyaan untuk dimensi ekstrinsik kepuasan kerja (9 items,  = 0.6628). Selain itu para karyawan diminta untuk merespon pertanyaan yang berasal dari Organizational Commitment Questionnaire (OCQ) dalam buku Organizational Behavior (15 items,  = 0.6915). Sedangkan untuk persepsi kepuasan upah para karyawan diminta untuk merespon yang berasal dari Pay Satisfaction Questionnaire (PSQ) yang dikembangkan oleh Judge & Welbourne (1994) dalam Journal of Applied Psychology (18 items,  = 0.9339). Analisis regresi hierarki berganda dengan pemoderat digunakan dalam menguji pengaruh dimensi-dimensi instrinsik kepuasan kerja, dimensi-dimensi ekstrinsik kepuasan kerja, serta persepsi kepuasan upah terhadap komitmen organisasional. Hasil penelitian dengan menggunakan 200 responden, menunjukkan hasil sebagai berikut : (1) Dimensi-dimensi instrinsik kepuasan kerja berpengaruh terhadap komitmen organisasional; (2) Dimensi-dimensi ekstrinsik kepuasan kerja berpengaruh terhadap komitmen organisasional; (3) Persepsi kepuasan upah yang diterima karyawan tidak memperkuat pengaruh dimensi-dimensi intrinsik kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional; dan (4) Persepsi kepuasan upah yang diterima karyawan tidak memperkuat pengaruh dimensi-dimensi ekstrinsik kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional. Kata kunci : Dimensi Intrinsik Kepuasan Kerja, Dimensi Ekstrinsik Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional dan Persepsi Kepuasan Upah.
[ pdf ]

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.