HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN SIKAP MENGHADAPI MENARCHE PADA REMAJA PUTRI DI SD NEGERI BULUKANTIL JEBRES SURAKARTA
Oleh :
Primastuti Widyaningrum
Latar Belakang : Pada masa remaja khususnya remaja putri akan mengalami perubahan fisik yang pesat sebagai tanda biologis dari kematangan seksual. Menarche atau menstruasi pertama merupakan salah satu perubahan pubertas yang pasti dialami setiap anak perempuan. Permulaan menstruasi akan menjadi peristiwa yang traumatik bagi beberapa remaja putri yang tidak mempersiapkan dirinya terlebih dahulu. Remaja putri membutuhkan informasi tentang proses menstruasi dan kesehatan selama menstruasi. Berbagai gangguan dan kesulitan tersebut secara langsung ataupun tidak langsung dapat mempengaruhi kondisi fisik ataupun psikologis anak, dalam situasi seperti ini diperlukan pengetahuan yang benar tentang menarche dan dengan sikap positif diharapkan pula orang tua mampu memberikan alternatif pemecahan masalah secara tepat. Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang menstruasi dengan sikap menghadapi menarche pada remaja putri di SD Negeri Bulukantil Jebres Surakarta. Metode Penelitian : Penelitian menggunakan desain corelasional dengan rancangan cross sectional. Teknik sampling dengan total sampling dengan jumlah sampel 52 siswi yang berumur 8 - 12 tahun. Analisa data dengan chi square test pada taraf signifikansi 95%. Hasil Penelitian : Analisa data dengan chi square test dengan hasil X2 hitung sebesar 7.610 dan nilai p= 0.022 yang diujikan pada X2 tabel pada df (derajat kebebasan) sebesar 5.991 Kesimpulan : Ada hubungan antara pengetahuan tentang menstruasi dengan sikap menghadapi menarche.
[ pdf ]

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.