PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN DAN DEPRESI ANTARA SISWA KELAS III PROGRAM AKSELERASI DAN REGULER DI SMPN 2 SURAKARTA
Oleh :
Rifki Effendi Suyono
Rifki Effendi Suyono. G0008158, 2011. Perbedaan Tingkat Kecemasan dan Depresi antara Siswa Kelas III Program Akselerasi dan Reguler di SMPN 2 Surakarta. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan tingkat kecemasan dan depresi antara siswa kelas III program akselerasi dan reguler di SMPN 2 Surakarta. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada bulan Mei 2011 di SMPN 2 Surakarta. Pengambilan sampel dilaksanakan secara purposive random sampling dengan kriteria inklusi adalah (1) siswa akselerasi yang mengikuti program akselerasi semenjak kelas satu, (2) siswa reguler yang mengikuti program reguler semenjak kelas satu. Sampel tidak dapat dipilih jika responden merupakan (1) siswa akselerasi pindahan dari program reguler sebelumnya selama SMP, (2) siswa reguler pindahan dari program akselerasi sebelumnya selama SMP, (3) siswa akselerasi maupun reguler yang pernah mendapatkan program akselerasi pada jenjang pendidikan sebelumnya. Sampel mengisi (1) lembar biodata dan informed concent sebagai persetujuan, (2) kuesioner skala L-MMPI untuk menilai dan mengetahui kejujuran dalam menjawab pertanyaan yang diberikan, (3) kuesioner TMAS untuk mengetahui tingkat kecemasan, (4) kuesioner BDI untuk mengetahui tingkat depresi. Diperoleh 60 data dan dianalisis menggunakan (1) Uji normalitas data Kolmogorov-Smirnov (2) Uji Mann-Whitney melalui program SPSS 17.0 for Windows. Hasil Penelitian: Penelitian ini menunjukkan (1) rerata skor kecemasan pada siswa akselerasi sebesar 26,16 3,913 dan untuk siswa reguler sebesar 22,13 5,130 (2) rerata skor depresi pada siswa akselerasi sebesar 8,06 6,570 dan untuk siswa reguler sebesar 5,26 4,968 (3) hasil uji Mann-Whitney menunjukkan p = 0,288. Simpulan Penelitian: Tidak terdapat perbedaan yang bermakna pada tingkat kecemasan dan depresi antara siswa kelas III program akselerasi dan reguler di SMPN 2 Surakarta. Tingkat kecemasan dan depresi pada siswa akselerasi lebih tinggi dibandingkan siswa reguler.
[ pdf ]

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.