PENGARUH INTERAKSI SOSIAL, JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS PEKERJA DI BAGIAN SPINNING II PT. DANLIRIS SUKOHARJO
Oleh :
Bondan Pratomo
Bondan Pratomo. D0304029. Tahun 2011. PENGARUH INTERAKSI SOSIAL, JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS PEKERJA DI BAGIAN SPINNING II PT. DANLIRIS SUKOHARJO. Skripsi. Jurusan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatoris yang menjelasan apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel yang satu dengan variabel yang lain. Penelitian ini berlokasi di PT. Danliris Sukoharjo yang merupakan perusahaan textil besar dengan jumlah karyawan ribuan orang. Sehingga akan sangat terlihat kegiatan interaksi yang mereka lakukan dan hal ini dapat memudahkan dalam pengambilan data dan perusahaan yang tergolong industri besar telah memberikan jaminan sosial tenaga kerja. Pengumpulan Data dikumpulkan dengan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja produksi bagian pinning II. Besar sampel ditentukan sebesar 94 responden didapat dari mengikuti pendapat Arkin and Colton. Sampel penelitian menggunakan random sampling yaitu pemilihan sampel dimana seluruh anggota populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai anggota sampel. Data dianalisis menggunakan tehnik analisis regresi berganda. Analisis ini digunakan untuk mencari pengaruh antara independent terhadap dependen, dalam hal ini untuk menemukan besaran pengaruh dari variabel interaksi sosial (independen satu) terhadap produktivitas pekerja (dependen), dan variabel jaminan sosial tenaga kerja (independen dua) terhadap produktivitas pekerja (dependen), serta mencari pengaruh secara bersama-sama (independen) yang lebih dari satu terhadap variabel dependen. Untuk perhitungan statistiknya menggunakan program SPSS 18.0. Hasil dari penelitian ini diperoleh: 1.Koefisien interaksi sosial terhadap produktivitas pekerja sebesar 60,2%. 2. Koefisien regresi jaminan sosial tenaga kerja terhadap produktivitas pekerja sebesar 27,7%. 3. Koefisien determinasinya (R Square) sebesar 52,2%. Dengan demikian dapat diartikan variabel interaksi sosial dan variabel jaminan sosial tenaga kerja berpengaruh terhadap variabel produktivitas kerja sebesar 52,20%, sedangkan sisanya 47,80% dapat dijelaskan oleh variabel lain.
[ pdf ]

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.