ANALISIS HUBUNGAN GEOMETRIK JALAN RAYA DENGAN TINGKAT KECELAKAAN (STUDI KASUS RUAS JALAN IR. SUTAMI SURAKARTA)
Oleh :
Heru Budi Santoso
Jalan Ir. Sutami Surakarta merupakan jalan arteri dari dan ke kota Surakarta sebagai jalan dengan LHR yang cukup tinggi, tidak jarang pada ruas jalan tersebut terjadi kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban jiwa maupun materi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lokasi daerah rawan kecelakaan (blackspot), mengetahui hubungan antara nilai EAN dengan jari-jari tikungan, jarak pandang henti, derajat kelengkungan, serta mengetahui hubungan perubahan v/c rasio dengan angka kecelakaan. Pengumpulan data primer yang meliputi data waktu tempuh rata-rata, kondisi geometrik jalan, perlengkapan jalan di peroleh dari survey di lapangan. Sedangkan data sekunder yang meliputi data LHR dan data kecelakaan diperoleh dari P2JN provinsi Jawa Tengah dan Kepolisisan Resort Surakarta. Tahapan analisis lokasi daerah rawan kecelakaan dengan menggunakan metode EAN. Kemudian untuk mengetahui hubungan geometrik jalan Ir. Sutami Surakarta dengan tingkat kecelakaan dilakukan dengan analisis regresi linier. Untuk mendapatkan fungsi hubungan yang ditunjukan dengan nilai R2 yang menunjukan besarnya pengaruh geometrik jalan Ir. Sutami Surakarta ( yang meliputi jari-jari tikungan, jarak pandang henti, derajat kelengkungan ) terhadap perubahan nilai variansi EAN, serta analisis regresi linier untuk mendapatkan fungsi hubungan v/c rasio dengan angka kecelakaan. Hasil analisis diketahui lokasi daerah rawan kecelakaan lalu lintas di ruas jalan Ir. Sutami Surakarta terletak pada lengkung horizontal 2 dengan nilai EAN lebih besar dari EAN kritis yaaitu 61 > 43,95. Dari hasil analisis regresi linier hubungan geometrik jalan Ir. Sutami Surakarta dengan perubahan nilai variansi EAN, yang paling berpengaruh terhadap perubahan nilai variansi EAN yaitu jari-jari tikungan dan derajat kelengkungan. Hal ini bisa dilihat dari nilai R2 yang relatif besar (R2 > 0,5) yaitu 0,8609 dan 0,927. Sedangkan Untuk hubungan antara v/c rasio dengan angka kecelakaan diperoleh nilai R2 kecil yaitu 0,087 yang menunjukan pengaruh perubahan v/c rasio terhadap angka kecelakaan relatif kecil. Kata kunci : Kecelakaan lalu lintas, EAN, v/c rasio
[ pdf ]

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.