IMPLEMENTASI PENILAIAN HASIL BELAJAR DALAM KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI BKK PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN PRODI. PENDIDIKAN EKONOMI JURUSAN P. IPS FKIP UNS TAHUN 2011
Oleh :
Didit Setyo Utomo
Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui proses penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh dosen di BKK PAP, FKIP, UNS, 2) Untuk mengetahui prosedur penilaian hasil belajar yang dilakukan o leh dosen di BKK PAP, FKIP, UNS, 3) Untuk mengetahui jenis tek nik penilaian yang digunakan dosen di BKK PAP, FKIP, UNS dalam me lakukan penilaian hasil belajar. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif, dengan menggunakan strategi tunggal terpancang. Sumber datanya adalah informan, lokasi dan dokumen atau arsip. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi data, sedangkan analisis data menggunaka n analisis interaktif. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan : (1) Pelaksanaan kurikulum di UNS saat ini merupakan perpaduan antara kurikulum berbasis kompetensi dengan sistem kredit semester. (2) Sebelum melaksanakan penilaian hasil belajar dosen di BKK Pendidikan Administrasi Perkantoran mempersiapkan kisi -kisi, soal, dan sebagian dosen telah menggunakan rubrik dalam menilai. (3) Dosen di BKK Pendidikan Administrasi Perkantoran menyusun silabus sebelum menyelenggarakan perkuliahan, namun tidak semua dose n mempersiapkan dan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. (4) Penilaian hasil belajar mahasiswa meliputi berbagai unsur yang mengukur kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor. Unsur-unsur yang dinilai tidak hanya berdasar pada kemampuan mahasiswa menguasai materi, tetapi juga pada keaktifan dan kedisiplinan mahasiswa. (5) Pelaksanaan pembelajaran remidi oleh dosen dilakukan dengan memberi tugas atau ujian ulang kepada mahasiswa yang belum tuntas tanpa vi memberikan bimbingan sesuai dengan pedoman KBK UN S. (6) Dalam penilaian hasil belajar mahasiswa yang dilakukan oleh dosen memiliki beberapa hambatan, diantaranya yaitu sarana dan prasarana, jumlah mahasiswa dan waktu. (7) Dari penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa prosedur/langkah -langkah yang ditempuh oleh dosen BKK PAP dalam melakukan penilaian hasil belajar meliputi langkah-langkah sebagai berikut : penyusunan rencana penilaian, menghimpun data, mengoreksi dan menganalisis, memberikan tindak lanjut. (8) Dalam menentukan jenis teknik penilaia n hasil belajar dosen BKK Pendidikan Administrasi Perkantoran menyesuaikan dengan karakteristik mata kuliah, namun jenis penilaian tertulis merupakan jenis penilaian yang lebih sering digunakan oleh dosen dalam menguji ketercapaian peserta didik dalam pemb elajaran.
[ pdf ]

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.