ANALISIS PERBEDAAN PENDAPATAN USAHA MIKRO SEBELUM DAN SESUDAH MENERIMA BANTUAN KREDIT PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT ( PNPM ) MANDIRI PERDESAAN
Oleh :
Triana Nurhayati
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis data yang berkaitan dengan pemberian bantuan kredit dari PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo. Tujuan khususnya adalah : (1) Menganalisis perbedaan pendapatan usaha mikro (warung kelontong) di Kecamatan Polokarto sebelum dan sesudah mendapat bantuan kredit PNPM Mandiri Perdesaan. Hal ini sangat penting untuk evaluasi dan perbaikan pelaksanaan pemberian bantuan kredit PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan Polokarto khususnya. (2) Menganalisis perkembangan bantuan kredit PNPM Mandiri Perdesaan pada pelaku usaha mikro khususnya warung kelontong di Kecamatan Polokarto. Bentuk desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik inferensif. Penelitian ini mengambil lokasi di Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo sesuai dengan lokasi PNPM Mandiri Perdesaan. Objek dalam penelitian ini adalah mengenai pelaku usaha mikro khususnya warung kelontong yang mendapat bantuan kredit dari PNPM Mandiri Perdesaan dari tahun 2007 2009. Keseluruhan uji statistik mempergunakan alat bantu komputer dengan program SPSS versi 15. Berdasarkan data, analisa dan pembahasan serta pembuktian hipotesis yang diajukan tentang analisa pendapatan pelaku usaha mikro warung kelontong penerima bantuan kredit pada program PNPM Mandiri Pedesaan, terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat pendapatan pelaku usaha mikro warung kelontong penerima bantuan kredit sebelum dan sesudah mendapatkan bantuan kredit. Program PNPM Mandiri pedesaan yang telah dilaksanakan dengan sasaran target pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan, mampu meningkatkan pendapatan rumah tangga dan berjalan cukup efektif di Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo.
[ pdf ]

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.