ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VIII DI SMP N 1 SAWAHAN MADIUN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010-2011
Oleh :
Ita Widyawati
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui jenis-jenis kesulitan belajar dalam memahami menyelesaiakan materi pada mata pelajaran Bahasa Inggris dilihat dari aspek Reading, Listening, Structure dan Writing yang dialami siswa kelas VIII SMP N 1 Sawahan Madiun, (2) Mengetahui penyebab kesulitan belajar siswa dalam mempelajari konsep dan kosakata yang dialami siswa kelas VIII SMP N 1 Sawahan Madiun, (3) Mengetahui upaya-upaya pemecahan masalah dalam kesulitan belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Sawahan Madiun. Metode penelitian yang digunakan ini adalah Metode Deskriptif Kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas VIII SMP N 1 Sawahan Madiun tahun ajaran 2010/2011. Strategi Penelitian yang digunakan penelitian ini adalah Tunggal Terpancang. Sumber Data yang digunakan adalah Informan, Tempat dan Peristiwa serta Dokumen dan Arsip.Teknik sampling yang digunakan adalah Teknik sampel tujuan (purpose sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, Observasi, dan Analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknis Analisis Interaktif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Jenis-jenis kesulitan belajar yang dialami siswa dalam menyelesaiakan materi pada mata pelajaran Bahasa Inggris dilihat dari aspek Reading, Listening, Structure, dan Writing yaitu memahami konsep dan kosakata, (2) Yang menjadi faktor-faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar berupa aspek kognitif yaitu kemampuan keterampilan menghafal, kemampuan penguasaan materi dan kebiasaan belajar yang salah. Untuk aspek afektif yang menjadi faktor penyebab siswa kesulitan dalam belajar adalah kurang minat terhadap tugas sekolah, kurang memusatkan perhatian, menghindari tanggung jawab, malas belajar dan sering bolos. Untuk aspek psikomotorik yang berupa terganggunya alat-alat indra penglihatan dan pendengaran adalah menjadi faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar. Lingkungan keluarga yang menjadi faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar adalah fasilitas meja belajar dan ruang untuk belajar. Untuk lingkungan sekolah yang menjadi faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar adalah perhatian guru kepada siswa, hubungan guru dengan siswa, cara mengajar guru dan fasilitas belajar di sekolah, (3) Upaya-upaya yang dilakukan guru oleh siswa kelas VIII SMP N 1 Sawahan Madiun adalah dengan menggunakan pengajaran perbaikan. Bentuk pengajaran perbaikan merupakan suatu bentuk pengajaran yang sifatnya memperbaiki. Bentuk perbaikan yang digunakan guru adalah berupa diskusi dan tugas kelompok.
[ pdf ]

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.