PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN TOLAK PELURU DENGAN BEBAN TETAP DAN BEBAN BERTAHAP TERHADAP KEMAMPUAN TOLAK PELURU GAYA ORTHODOX PADA SISWA PUTRA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 CEPER TAHUN AJARAN 2012/2013
Oleh :
Erna Puspita
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Adakah perbedaan pengaruh latihan tolak peluru dengan beban tetap dan beban bertahap terhadap kemampuan tolak peluru gaya orthodox pada siswa putra kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ceper Tahun Ajaran 2012/2013. (2) Latihan mana yang lebih baik latihan tolak peluru dengan beban tetap dan beban bertahap terhadap kemampuan tolak peluru gaya orthodox pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ceper Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan pretest-posttest design. Subyek penelitian ini adalah siswa putra kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ceper yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran yaitu tes tolak peluru gaya orthodox. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui latihan tolak peluru dengan beban tetap dan beban bertahap dapat meningkatkan kemampuan tolak peluru siswa. Berdasarkan hasil pengujian perbedaan tes akhir pada kelompok 1 dan kelompok 2 dengan taraf signifikasi 5% diperoleh nilai sebesar = 2,654, sedangkan ttabel = 2,262. Ternyata thitung > ttabel 5%, yang berarti hipotesis nol ditolak. Berdasarkan hasil penghitungan prosentase peningkatan kemampuan tolak peluru diketahui bahwa, kelompok 1 ( latihan tolak peluru dengan beban tetap ) memiliki nilai prosentase peningkatan kemampuan tolak peluru sebesar 18.949 %. Sedangkan kelompok 2 ( latihan tolak peluru dengan beban bertahap ) memiliki peningkatan kemampuan tolak peluru sebesar 21.247 %. Simpulan penelitian ini adalah : (1) Ada perbedaan pengaruh latihan tolak peluru dengan beban tetap dan beban bertahap terhadap peningkatan kemampuan tolak peluru gaya orthodox. (2) Latihan tolak peluru dengan beban bertahap lebih baik pengaruhnya daripada latihan tolak peluru dengan beban tetap terhadap peningkatan kemampuan tolak peluru gaya orthodox. Kata kunci : latihan dengan beban tetap, latihan dengan beban bertahap, kemampuan tolak peluru.
[ pdf ]

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.