PENGARUH PRAKTIK INCOME SMOOTHING TERHADAP RETURN SAHAM RISIKO PASAR (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA)
Oleh :
Beta Kurniawati
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji empat hipotesis, yaitu: (1) pengaruh laba yang diratakan terhadap return, (2) pengaruh laba yang diratakan terhadap risiko, (3) perbedaan return saham perusahaan perata laba dan return saham perusahaan bukan perata laba, serta (4) perbedaan risiko perusahaan perata laba dan risiko perusahaan bukan perata laba. Penelitian ini menggunakan tiga objek perataan laba untuk masing-masing pengujian hipotesis yaitu laba operasi, laba sebelum pajak dan laba bersih setelah pajak. Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta periode tahun 2000 sampai tahun 2004. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 74 perusahaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa data yang dipakai tidak berdistribusi normal. Untuk itu dilakukan metode trimming agar distribusi data menjadi normal. Setelah dilakukan metode triming, diperoleh sampel sebanyak 70 perusahaan. Analisis regresi linier sederhana dilakukan untuk menguji hipotesis pertama dan kedua sedangkan independent sample t-test digunakan untuk menguji hipotesis ketiga dan keempat. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa laba yang diratakan tidak berpengaruh terhadap return. Pengujian hipotesis kedua menunjukkan hasil yang sama yaitu laba yang diratakan tidak berpengaruh terhadap risiko. Temuan hipotesis ketiga dan keempat juga menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan return dan risiko yang signifikan antara perusahaan perata laba dengan perusahaan bukan perata laba. Kata kunci : Laba Operasi, Laba Sebelum Pajak, Laba Bersih Setelah Pajak, Return dan Risiko.
[ pdf ]

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.