ANALISIS EFEKTIVITAS MARKETING MIX PROVIDER TELEKOMUNIKASI SELULER KARTU PRABAYAR BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
Oleh :
Fitri Nurgiyati
Fitri nurgiyati, NIM : I0302030. ANALISIS EFEKTIVITAS MARKETING MIX PROVIDER TELEKOMUNIKASI SELULER KARTU PRABAYAR BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Skripsi. Surakarta : Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2006. Perkembangan telekomunikasi seluler terutama kartu prabayar yang populasinya paling dominant yaitu 44 juta atau 95 % dari jumlah pengguna seluler di Indonesia ( Kompas, 2006 ), membawa pengaruh positif bagi provider telekomunikasi seluler.provider bersaing untuk merebut dan mempertahankan pelanggan, karena persaingan antara provider tidak hanya pada fitur lagi api lebih pada kualitas dan layanan dan kualitas. Marketing mix adalah kegiatan inti dari aktivitas pemasaran, oleh karena itu perusahaan harus mempelajari perilaku konsumennya yang berhubungan dengan produk, harga, promosi dan distribusi. Lingkungan akademik sebagai segmen yang potensial yang mendapatkan perhatian dari provider, salah satu tindakan nyatanya yaitu kerjasama antara Indosat dan Uiversitas Sebelas Maret Surakarta ( UNS ) untuk mendukung kegiatan mahasiswa dengan menggunakan fasilitas Value Added Short Message Service ( VASMS ). Perilaku konsumen yang dipelajari dapat membantu provider dalam merencanakan strategi pemasarannya. Fokus penelitian ini adalah pada mahasiswa UNS yang menggunakan kartu prabayar. Analisis faktor digunakan untuk mengurangi jumlah atribut menjadi faktor baru yang lebih sedikit dari atribut sebelumnya. Hasil optimal dari analisis ini adalah 16 faktor dari 55 atribut awal. Faktor pertama terdiri dari First factor consist of Who call, Call waiting, Call holding dan Call divert, Call Me dan Multyparty Call. Faktor kedua terdiri dari Privat number, SMS suara, MMS dan GPRS. Faktor ketiga terdiri dari harga kartu perdana, tarif telepon murah sepanjang hari, bonus SMS, tarif hemat, bonus isi ulang, bonus perdana. Faktor keempat terdiri dari customer service, ketersediaan galeri, kemudahan migrasi dan administrasi, info pulsa, website dan alternatif nomor cantik. Faktor kelima terdiri dari kesesuaian iklan, events, promo ATL dan BTL. Faktor keenam terdiri dari kapasitas inbox dan phonebook. Faktor ketujuh terdiri dari kehandalan pengiriman SMS, keragaman nilai dan tipe voucher. Faktor kedelapan terdiri dari jangkauan wilayah, kejernihan suara dan kapasitas jaringan. Faktor kesembilan terdiri dari tarif hemat dan tarif SMS. Faktor kesepuluh adalah ketersediaan voucher isi ulang dan kartu perdana di agen. Faktor kesebelas adalah nada sambung pribadi dan tarifnya. Faktor kedua belas adalah masa aktif dan masa tenggang. Faktor ketiga belas adalah SLJJ and emergency call. Faktor keempat belas adalah keberhasilan panggil dan transfer pulsa. Faktor kelima belas adalah freetalk dan kemudahan bila menjadi anggota club frontliner. Faktor keenam belas adalah ATM dan mobile banking. Analisis deskriptif digunakan untuk mempelajari perilaku mahasiswa pengguna kartu prabayar. SimPATI dan As card sebagai produk dari Telkomsel dianggap sebagai kartu yang paling bagus dalam kualitas jaringan dan simcard untuk kalangan highclass, namun tarif telepon masih dianggap terlalu mahal untuk kondisi keuangna mahasiswa dan harus memberikan nilai voucher yang lebih beragam. IM3 memiliki tarif SMS yang murah akan tetapi jaringannya sering mengalami gangguan dan Mentari memiliki tarif telepon yang murah. Brand awarness dari Indosat lewat jingle Punya Indosat sudah tercapai akan tetapi tidak untuk brand imagenya, karena kualitas jaringan yang diberikan oleh Indosat kepada konsumen tidak memuaskan. Excelcomindo harus memberikan paket pulsa dengan nominal yang lebih terjangkau oleh kalangan mahasiswa. Flexy and Fren sebagai seluler yang berteknologi CDMA dapat menggunakan gaya hidup sehat dalam iklannya karena efek radiasi yang lebih rendah pada penggunaan handphone. Hasil ini dapat digunakan untuk merencanakan strategi pemasaran. Kata kunci : Marketing mix, mahasiswa, analisis faktor, provider telekomunikasi seluler, harga, produk, promosi, distribusi, kartu prabayar. xii + 106 halaman; 44 gambar; 18 tabel; 7 persamaan referensi : 28 ( 1995 2006 ).
[ pdf ]

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.