Abstrak


Kajian Desain Jilbab Lukis Produk Nasrafa


Oleh :
Anif Sintiya - C0910006 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana latar belakang Nasrafa memproduksi jilbab lukis, produk dan konsep desain jilbab lukis yang diproduksi oleh Nasrafa.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menjelaskan latar belakang perancangan, konsep desain yang diterapkan pada perancangan produk jilbab lukis Nasrafa dan produk yang diproduksi oleh Nasrafa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Kain Lukis Nasrafa, Jl. Asem Kembar no. 83 (Kekacil I) Jebres, Surakarta. Bentuk pendekatan yang digunakan untuk mengkaji adalah pendekatan desain. Pendekatan dalam penyelesaian permasalahan menggunakan penyataaan desain yang dikemukakan oleh Nanang Rizali. Pengambilan sample dengan menggunakan teknik cuplikan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, mengkaji benda, dan wawancara. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa, dokumen dan benda. Validitas data yang digunakan adalah trianggulasi data. Teknik analisis yang digunakan dengan teknik model interaktif terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian adalah (1) Latar belakang Nasrafa memproduksi jilbab luki. Keterkaitan faktor ekonomi, sosial-budaya dan teknologi dengan produk jilbab lukis Nasrafa adalah berawal dari peluang untuk memproduksi produk jilbab dan kebutuhan masyarakat untuk sebuah produk jilbab yang berbeda dengan yang ada dipasaran. (2) Produk dan konsep desain jilbab lukis yang diproduksi oleh Nasrafa dengan mempertimbangkan berbagai aspek secara terpadu seperti : fungsi, material, proses, mode dan estetis. Aspek fungsi berhubungan dengan fungsional produk jilbab lukis, sebagai penutup aurat dan pelengkap busana (accsesoris). Teknik yang digunakan dalam proses produksi adalah teknik lukis diatas kain atau direct painting penggambaran langsung pada kain dengan menggunakan bahan pasta lukis. Mode merupakan pertimbangan kecenderungan gaya (style), yang mempengaruhi produk jilbab lukis Nasrafa. Aspek estetik adalah pertimbangan gagasan atau sumber ide dan tema termasuk olahan ragam hias dan warna yang diaplikasikan untuk produk jilbab lukis, dan produk tersebut harus mencakup beberapa hal dalam desain, diantaranya: bentuk, warna, dan komposisi.
Kata Kunci : Kajian Desain, Jilbab, Lukis