;

Abstrak


Hubungan Motivasi Belajar dan Persepsi penggunaan Media Pembelajaran Dengan Prestasi Belajar Kewirausahaan Pada Peserta Didik Kelas X SMK Gajah Mada Purwodadi


Oleh :
Dini Kurniawati - S811402006 - Fak. KIP

DINI KURNIAWATI. S811402006. 2015. Hubungan Motivasi Belajar dan Persepsi Penggunaan Media Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Kewirausahaan pada Pesertadidik Kelas X SMK Gajah Mada Purwodadi. Tesis. Surakarta. Surakarta: Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. 2015. Pembimbing I Prof. Dr. H. Mulyoto, M.Pd., Pembimbing II Dr. Djono, M.Pd.

 

 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada Tidaknya hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar  kewirausahaan pada peserta didik kelas X SMK Gajah Mada  Purwodadi. (2) Ada Tidaknya hubungan persepsi penggunaan media pembelajaran dengan prestasi belajar  kewirausahaan pada peserta didik kelas X SMK Gajah Mada  Purwodadi. (3) Ada Tidaknya hubungan motivasi belajar dan persepsi penggunaan media pembelajaran dengan prestasi belajar  kewirausahaan pada peserta didik kelas X SMK Gajah Mada  Purwodadi.

 

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Gajah Mada Purwodadi yang berjumlah 109 siswa. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 84 siswa.

 

Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar  kewirausahaan pada peserta didik kelas X SMK Gajah Mada  Purwodadi. Hal ini terlihat dari hasil rhitung  >  rtabel ( 0,316 > 0,213). (2)  Tidak terdapat hubungan antara  persepsi penggunaan media pembelajaran dengan prestasi belajar  kewirausahaan pada peserta didik kelas X SMK Gajah Mada  Purwodadi. Hal ini terlihat dari hasil rhitung  < rtabel ( 0,172 < 0,213). (3) Terdapat hubungan motivasi belajar dan persepsi penggunaan media pembelajaran dengan prestasi belajar  kewirausahaan pada peserta didik kelas X SMK Gajah Mada  Purwodadi. Hal ini terlihat dari hasil nilai p = 0,005 < 0,01. Berdasarkan penelitian ini diharapkan guru SMK Gajah Mada Purwodadi dapat mengetahui tentang motivasi belajar serta cara memberikan stimulus pada peserta didik agar termotivasi  sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar kewirausahaan.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Persepsi Penggunaan Media Pembelajaran, Prestasi Belajar Kewirausahaan