Penulis Utama : Fahrud Musadam
NIM / NIP : K7110058
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan analisis konsep sifat-sifat cahaya melalui pembelajaran Kooperatif tipe Keliling Kelas berbasis Eksperimen pada siswa kelas V SD Negeri 03 Suruhkalang Tahun Pelajaran 2013/2014 Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 03 Suruhkalang yang berjumlah 27 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa rata-rata ulangan harian tentang konsep sifat-sifat cahaya adalah 63,89 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 40,74%. Pada siklus I, skor rata-rata kelas meningkat menjadi 67,90 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 59,26%. Pada siklus II, skor rata-rata kelas meningkat menjadi 74,94 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 81,48%.
Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model Kooperatif tipe Keliling Kelas berbasis eksperimen dapat meningkatkan analisis konsep sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Negeri 03 Suruhkalang Karanganyar tahun ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Sifat-sifat Cahaya, Model Kooperatif tipe Keliling Kelas Berbasis
Eksperimen, Analisis Konsep

×
Penulis Utama : Fahrud Musadam
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7110058
Tahun : 2014
Judul : Peningkatan Analisis Konsep Sifat-sifat Cahaya Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Keliling Kelas Berbasis Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Suruhkalang Tahun Pelajaran 2013/2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2014
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP Jurusan Ilmu Pendidikan- K7110058 - 2014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Peduk Rintayati, M.Pd
2. Idam Ragil W A, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.