PENGARUH MEDIA GAMBAR DAN VERBALIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN GIRIMARTO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2009
Oleh :
Titin Madyanti
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Ada tidaknya Pengaruh penggunaan media gambar dan verbatis terhadap kemampuan menulis siswa kelas II, (2). Ada tidaknya Pengaruh siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah terhadap kemampuan menulis siswa kelas II, dan (3) Interaksi pengaruh antara penggunaan media gambar dan kemandirian belajar, terhadap kemampuan menulis siswa kelas II. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri di Gugus Jendral Sudirman kecamatan Girimarto kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2008/2009. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk intrumen kemandirian belajar siswa dan metode tes untuk kemampuan menulis. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan uji F, dengan taraf signifikansi penelitian sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Ada perbedaan Pengaruh penggunaan media gambar dan verbatis terhadap kemampuan menulis siswa kelas II (F hitung > F tabel atau 5,35 > 3,97) sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya, (2) Ada perbedaan Pengaruh siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah terhadap kemampuan menulis siswa kelas II (F hitung > F tabel atau 13,78 > 3,97) sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya, (3). Ada Interaksi pengaruh antara penggunaan media gambar dan kemandirian belajar, terhadap kemampuan menulis siswa kelas II (F hitung > F tabel atau 5,99 > 3,97) sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya. Penggunaan media gambar sesuai untuk meningkatkan hasil belajar menulis bagi siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.