ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNTUNGAN PENGUSAHA TAHU TEMPE (STUDI KASUS KECAMATAN NGUTER KABUPATEN SUKOHARJO JAWA TENGAH)
Oleh :
Bambang Agus Saputro
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh jumlah tenaga kerja, pengalaman usaha, modal usaha, serta jumlah bahan baku yang digunakan terhadap keuntungan yang diperoleh pengrajin tahu dan tempe di Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey dengan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling, dalam teknik ini masing masing elemen populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi elemen sampel dipilih secara acak tanpa memperhatikan strata. Dengan dasar pengambilan sample menggunakan rumus Taro Yamane diperoleh jumlah sampel sebanyak 58 pengrajin tahu tempe dari 68 pengrajin tahu tempe. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda dan uji statistik. Hasil analisis data menggunakan regresi linear berganda menunjukan bahwa variabel independen yaitu jumlah tenaga kerja mempunyai pengaruh signifikan positif serta jumlah bahan baku mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap besarnya keuntungan pengrajin tahu tempe. Sedangkan variabel independen pengalaman dan modal usaha tidak mempunyai pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil uji F hitung > F tabel semua variabel independen secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen pada tingkat signifikansi 5%. Guna meningkatkan peranan pentingnya pengrajin tahu dan tempe di Kecamatan Nguter, pemerintah Kabupaten Sukoharjo hendaknya memberikan kebijakan pemerintah yang bertujuan tercapainya jalur pemasaran baru yang berasal dari luar Kabupaten Sukoharjo sebagai perluasan pemasaran, serta mendapatkan program program pelatihan bagi pengrajin tahu dan tempe secara lebih merata.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.