ANALISIS KEPUASAN NASABAH DALAM MENABUNG PADA PD. BPR PEMKAB BOJONEGORO
Oleh :
Aprilia Asterina

Penelitian Tugas Akhir ini dilakukan terhadap nasabah yang menabung di PD BPR Pemkab Bojonegoro. Adapun judul dari penelitian ini adalah “Analisis Kepuasan Nasabah Dalam Menabung Pada PD BPR Pemkab Bojonegoro”. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan nasabah terhadap jasa yang diberikan oleh PD BPR Pemkab Bojonegoro.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan daftar pertanyaan (kuesioner), yang diselenggarakan dari bulan April sampai Juni 2005. Pengambilan Sampel dengan menggunakan metode convenience dengan jumlah responden yang diambil sebanyak 100 responden.

Variabel yang digunakan diantaranya pelayanan yaitu pelayanan yang memuaskan, kecepatan layanan di loket, lokasi BPR, kemudahan dalam bertransaksi, kemudian variabel fasilitas yaitu suku bunga, pemberian hadiah, fasilitas ruang tunggu dan tempat parkir, fasilitas pembayaran rekening telepon dan rekening PDAM, dan yang terakhir adalah variabel kenyamanan yaitu ruang tunggu yang bersih, kenyamanan selama menunggu antrian, perhatian karyawan kepada nasabah, dan kesediaan karyawan BPR untuk menanggapi keluhan nasabah.

Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu analisis yang mencakup karateristik nasabah PD BPR Pemkab  Bojonegoro yang meliputi jenis kelamin, pendidikan terakhir, tingkat pekerjaan, penghasilan, usia dan alat analisa yang lain adalah analisa faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah dalam memilih PD BPR Pemkab Bojonegoro sebagai tempat menyimpan dan peminjaman dana. Berdasarkan analisis dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rata-rata prosentase dari semua atribut jasa yang diberikan oleh PD BPR Pemkab Bojonegoro adalah : segi pelayanan dengan prosentase sangat puas 37,5%, puas 40% dan tidak puas 22,5%, Fasilitas dengan prosentase rata-rata sangat puas 22,75% puas 40% dan tidak puas 37,25%, Kenyamanan dengan prosentase rata-rata sangat puas 13%, puas 57,5% dan tidak puas 29,5%.

Berdasarkan kesimpulan diatas saran yang dapat diajukan oleh penulis adalah supaya PD BPR Pemkab Bojonegoro lebih memperbaiki dan menambah pelayanan, fasilitas, dan kenyamanan, memperbanyak kegiatan pelatihan perbankan, menambah jumlah kantor kas, menyediakan likuiditas yang cukup, memberi pelayanan yang berupa door to door service.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.