ANALISIS PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEEFEKTIFAN PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PAKEM ( STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 01 TUBAN GONDANGREJO )
Oleh :
Sulimin
ABSTRAK . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi (1) pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SD Negeri 01 Tuban Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. (2) pelaksanaan pembelajaran aktif kreatif efektif menyenangkan (PAKEM) di SD Negeri 01 Tuban Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. (3) mengetahui syarat-syarat pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah dan PAKEM yang efektif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 01 Tuban Kecamatan Gondang rejo, Kabupaten Karanganyar. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan latar alami (natural setting). Penelitian ini analisis pelaksanaan manajemen berbasis sekolah sebagai upaya peningkatan keefektifitas proses pembelajaran pada sekolah dasar melalui PAKEM. Pelaksanaan manajemen berbasis sekolah yang dilaksanakan oleh kepala Sekolah Dasar Negeri Tuban 01 Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar, dalam pengelolaan pemberdayaan guru menunjukkan bahwa kepala sekolah telah mampu mengelola guru dengan baik, meskipun ada kendala namun tidak begitu berarti. Dengan dilaksanakannya pengelolaan pendanaan tersebut membuktikan bahwa, kepala sekolah telah memahami hakikat desentralisasi pendidikan adalah yaitu “apa dan kepada siapa” (what and to whom) dan bukan aturan-aturannya (regulation). Kepala sekolah telah memerankan dua fungsi utama, pertama sebagai Pemimpin institusi bagi para guru, dan kedua memberikan pimpinan dalam manajemen. Pembaharuan pendidikan melalui manajemen berbasis sekolah dan komite sekolah yang diperkenalkan sebagai bagian dari desentralisasi memberikan kepada kepala sekolah kesempatan yang lebih besar untuk menerapkan dengan lebih mantap berbagai fungsi dari kedua peran tersebut. Proses pembelajaran dalam pelaksanaan program MBS yang menggunakan pendekatan PAKEM (pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) dalam pelaksanannya PAKEM baik guru maupun siswa harus aktif semua. Dalam pembelajaran tersebut guru dituntut untuk kreatif, dalam penggunaan media dan alat peraga sehingga pembelajaran tidak membosankan. Berbagai unsur PAKEM tidak dapat dipisahkan artinya, guru harus dapat menciptakan pembelajaran yang mendorong siswa aktif dan siswa dibawa pada situasi yang menyenangkan. Syarat-syarat pelaksanaan PAKEM merupakan syarat minimal yang harus dipenuhi oleh guru dan murid, persyaratan guru yang harus dimiliki adalah guru yang mampu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran degnan lengkap dan rinci. Dari segi murid pelaksanaan PAKEM membutuhkan kesiapan siswa, siswa harus benar-benar memahami bagaimana teknik pelaksanaan PAKEM, selain itu siswa harus benar-benar mempunyai motivasi untuk belajar sendiri secara aktif, untuk itu guru seharusnya mampu menjelaskan secara detail tentang teknik pembelajaran PAKEM dan memberikan motivasi agar siswa mempunyai keberanian untuk menyampaikan pendapat dan menanyakan hal-hal yang belum jelas. Kata kunci: Pelaksanaan, Pengelolaan, PAKEM ABSTRACT Target of this research is to evaluate (1) Management execution Base on School in SD Country 01 Tuban District of Gondangrejo Sub-Province Karanganyar. (2) effective creative active study execution please (PAKEM) in SD Country 01 Tuban District of Gondangrejo Sub-Province Karanganyar. (3) knowing Management execution conditions Base on School and effective PAKEM. This research is done in Elementary School Country 01 Tuban District of Gondang rejo, Sub-Province Karanganyar. Method in this research is descriptive with approach qualitative using natural background (setting natural). This research of management execution analysis base on school as effort of[is make-up of keefektifitas process study at elementary school through PAKEM. Management execution base on executed school by Elementary headmaster of Country Tuban 01 District of Gondangrejo Sub-Province Karanganyar, in management of enableness of teacher indicate that headmaster have been able to manage teacher better, though there is constraint but do not so mean. With implementation of management of the financing prove that, headmaster have comprehended reality decentralize education is that is " what and to whom" ( whom to and what) and non its orders ( regulation). Headmaster have played the part of two especial function, first as Leader institution to all teacher, and both giving head in management. Reconditional of education through management base on introduced school committee and school as part of decentralization pass to headmaster opportunity of larger ones to apply with interest setle various function from both the role. Study process in MBS program execution using approach of PAKEM ( active study, creative, effective, and please) in its Good PAKEM of student and also teacher have to be active all. In the study of teacher claimed to be is creative, in use of physic appliance and media so that study do not drag on. Various inseparable PAKEM element of its meaning, teacher have to can create study pushing active student and student brought by situation that please. Execution PAKEM conditions represent minimum condition which must be fulfilled by pupil and teacher, conditions of teacher which must be owned by teacher capable to compile execution plan study of complete degnan and detailed. From PAKEM execution pupil facet require the readiness of student, student have to really comprehending how PAKEM execution technique, besides student have to really is having motivation to self-study actively, for that teacher ought to can explain in detail about technique study of PAKEM and give motivation so that student have bravery to submit asking unclear things and opinion. Keyword: Execution, Management, PAKEM.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.