PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS BRAILLE DENGAN METODE TULISAN SINGKAT DAN SINGKATAN BRAIILE SISWA KELAS VI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Oleh :
Pardi
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar membaca dan menulis Braille dengan metode Sibra dan Tusing siswa kelas VI SD Negeri Inklusi Krandegan 1 Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) .Subyek penelitian ini adalah 4 orang siswa tunanetra kelas VI semester I tahun pelajaran 2009/2010 di SD Negeri Inklusi Krandegan 1 Banjarnegara. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Observasi dilaksanakan untuk mengetahui aktifitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran, sedang tes dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar kemampuan membaca dan menulis setiap akhir pembelajaran. Peneliti mengunakan analisis data deskriptif. Data deskriptif ini meliputi deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif digunakan untuk membandingkan rerata nilai kemampuan siswa dalam membaca dan menulis Braille pada kondisi sebelum tindakan dan sesudah diberi tindakan. Sedangkan data kualitatif untuk mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kinerja guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sebanyak 4 orang siswa, 100% dari mereka pada kondisi akhir telah mencapai nilai di atas nilai rerata indikator kinerja 70,5 ( tujuh puluh kona lima ). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan metode Sibra dan Tusing dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Braille siswa kelas VI SD Negeri Inklusi Krandegan 1 Banjarnegara.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.