STUDI KASUS PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS IV SD NEGERI DAGEN II KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Oleh :
Sri Sutami
Abstrak Tujuan Penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui gambaran secara nyata tentang perilaku agresif siswa kelas IV SD Negeri Dagen II kecamatan Jaten, kabupaten Karanganyar. (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya perilaku agresif siswa kelas IV SD Negeri Dagen II kecamatan Jaten, kabupaten Karanganyar. (3) alternatif bimbingan yang perlu diberikan pada siswa berperilaku agresif kelas IV SD Negeri Dagen II kecamatan Jaten, kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian sebanyak 3 siswa kelas IV SD Negeri Dagen II kecamatan Jaten kabupaten Karanganyar. Sumber data diperoleh dari siswa yang menjadi subjek penelitian, guru kelas IV SD Negeri Dagen II, orang tua siswa, teman-teman siswa, dan tetangga siswa serta dokumen sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan kunjungan rumah (home visit). Adapun data yamg dikumpulkan meliputi kegiatan siswa di sekolah, hubungan siswa dengan guru, hubungan siswa dengan teman bergaul, aktivitas siswa di rumah, hubungan siswa dengan orang tua, hubungan siswa dengan anggota keluarga lainnya, hubungan siswa dengan tetangga, dan upaya orang tua untuk mengurangi perilaku agresif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) bentuk perilaku agresif pada anak-anak terbagi atas: (a) perilaku agresif yang bersifat fisik, meliputi: merebut barang teman, merusak barang-barang, memukul, menendang. (b) perilaku agresif yang bersifat verbal, meliputi: marah-marah dan berteriak-teriak, mengadu domba, mengeluarkan kata-kata kasar dan kotor. (2) faktor- faktor yang mempengaruhi perilaku agresif meliputi: kondisi sosial ekonomi, pengaruh lingkungan, tidak mendapatkan sesuatu yang diinginkannya, mendapatkan ejekan dari teman, pola pendidikan orang tua, adanya model, dan pengaruh tontonan TV. (3) Altenatif layanan bimbingan yang dapat diberikan untuk mengatasi perilaku agresif adalah: pemberian layanan bimbingan individual, penerapan teknik APTL (Analisis Pengubahan Tingkah Laku), dan mengemas program kegiatan belajar dan mengajar secara menarik bagi siswa, misalnya dengan sosiodrama, role play.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.