PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI KEBONROMO 5 TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Oleh :
Sugiharto
Abstrak Tujuan penelitian ini untuk memberi jawaban masalah keaktifan siswa dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Kebonromo 5. Adapun yang menjadi permasalahan adalah: - Hasil prestasi pembelajaran IPA rendah. - Kurangnya penggunaan media pembelajaran. - Dari permasalahan di atas dapat teratasi dengan memaksimalkan penggunaan media pembelajaran. - Menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Make A Match. Penelitian ini diharapkan mempunyai manfaat bagi dunia pendidikan yaitu manfaat secara teoritis dan manfaat praktis. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan dua siklus. Tiap siklus dengan langkah-langkah: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap analisis serta refleksi. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini dapat diketahui perbandingan prestasi belajar siswa sebelum siklus 1 dan setelah pelaksanaan siklus I dan siklus II. Hasil Nilai Formal KKM Sebelum Siklus I Siklus I Siklus II Nilai rata-rata 57 57,61 72,85 81,66 Prosentase 58% 73% 82% Dengan perubahan hasil yang telah dicapai dapat disimpulkan bahwa pendekatan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.