ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK SUSU INSTAN DI PASAR MODERN KOTA SURAKARTA
Oleh :
Nur Chasanah
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian susu instan, beda antar susu instan dan tipe perilaku konsumen susu instan di Pasar Modern Kota Surakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Februari Tahun 2010 di Luwes Nusukan, Luwes Lojiwetan, Luwes Gading, Sami Luwes dan Hypertmart Solo Square. Teknik penelitian dan penentuan sampel masing-masing adalah survei dan judgement sampling. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui pencatatan, wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan model tipe perilaku konsumen menurut Henry Assael yang menggembangkan dua faktor yaitu keterlibatan konsumen yang dianalisis dengan metode Zaichowsky dan beda antar merek yang dianalisis dengan uji Anova satu arah. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui pertama, keterlibatan konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian susu instan di Pasar Modern Kota Surakarta tergolong tinggi. Kedua, beda antar merek susu instan menurut konsumen di Pasar Modern Kota Surakarta adalah nyata, artinya konsumen melihat banyak perbedaan antar merek susu instan. Ketiga, tipe perilaku konsumen susu instan di Kota Surakarta adalah perilaku pembelian komplek. Dapat disarankan perlu perlunya pembekalan terhadap SPG untuk meningkatkan kemampuan dimiliki sehingga banyak informasi yang akan diberikan kepada orang-orang yang ingin membeli susu instan sehingga konsumen punya banyak informasi untuk pertimbangan sebelum membeli. Perlunya peningkatan variasi rasa ataupun kandungan gizi yang ada sehingga konsumen semakin banyak pilihan dan kepuasan konsumen dapat dicapai.Perlu pelayanan yang memberikan informasi mengenai susu instan yang menjadi produk perusahaan tersebut yang dapat diakses secara umum melalui media internet sehingga loyalitas pelanggan dapat dicapai. Kata kunci: Perilaku Konsumen, Susu Instan ABSTRACT This research intends to know the consumer involvement at the instant milk buying decision making process, differences among the instant milk brands according to the consumer and the consumer behavior type at the instant milk in Surakarta. This research is held on February, 2010 in Luwes Nusukan, Luwes Lojiwetan, Luwes Gading, Sami Luwes and Hypertmart Solo Square Surakarta. The research and the sampling technique each is survey and judgment sampling. Data resources of this research are primary and secondary data. The data collection techniques are observation, interviewing and recording. This research uses a Henry Assaelís consumer behavior type model which develops two factor, those are involvement which is analyzed by Zaichowsky method and differences among brands which is analyzed by one way Anova. According to the research and analyze result that done before, first that the consumer involvement of decision buying instant milk in modern market Surakarta are high involvement. Second, there are significant different among the instant milk brands according to the consumers, so they consider a lot of different among them. Third, the consumer behavior type at the instant milk in modern market Surakarta is complex buying behavior. From the research can give the recommend that need more information to SPG so somebody can gotten many information about instant milk, need more vary about taste and give information about instant milk which can browsed all of people with internet so loyalty of customer can gotten. Key words : The consumer behavior, the instant milk

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.