PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA (SURVEY PADA DEALER ASTRA MOTOR NONONGAN-SOLO)
Oleh :
Iriana Rochmawati K.

Penelitian ini dilatar belakangi alasan bahwa setiap individu berbeda-beda, demikian juga dengan produk-produk yang ditawarkan pada konsumen. Salah satu dari sekian banyak produk yang berada dipasaran adalah produk sepeda motor, maka tidaklah mengherankan jika konsumen mempunyai banyak alasan dan pertimbangan sebelum menentukan produk sepeda motor yang ingin dibelinya. Selain harga dan situasi pembelian terdapat dua faktor lain yakni faktor internal dan faktor eksternal yang berperan penting terhadap keputusan pembelian konsumen. dalam penelitian ini hanya dikonsentrasikan pada faktor eksternal dikarenakan faktor internal merupakan faktor yang sulit diprediksi dan memerlukan waktu yang lama untuk mempelajarinya.

            Rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara serempak maupun secara parsial variabel faktor eksternal yang terdiri dari Kebudayaan (X1), Kelompok Referensi (X2), Keluarga (X3) dan Kelas Sosial terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli sepeda motor Honda pada Dealer Astra Motor Nonongan Solo. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel faktor eksternal terhadap keputusan pembelian konsumen.

Dari rumusan masalah yang telah dikemukakan, maka diambil hipotesis sebagai berikut : Terdapat pengaruh positif secara serempak maupun secara parsial antara variabel Kebudayaan, Kelompok Referensi, Keluarga dan Kelas Sosial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada Dealer Astra Motor Nonongan Solo.

Untuk keberhasilan penelitian jenis penelitian yang diambil adalah penelitian survey untuk pengujian faktor-faktor eksternal terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda. Penelitian dilakukan di Dealer Astra Motor Nonongan Solo terhadap konsumen yang melakukan pembelian pada bulan Januari Maret 2005 yaitu sebanyak 273 konsumen dan diambil 100 orang konsumen untuk dijadikan sampel dengan metode pengambilan sampel non random sampling dan tekhnik pengambilan sampel dengan Judgment sample yakni tekhnik pengambilan sampel secara tidak acak dengan pertimbangan tertentu. Sedangkan pengumpulan data mengandalkan metode kuesioner.

Dari penelitian ini diperoleh hasil uji F sebesar 50,849 lebih besar dari F tabel yakni sebesar 2,4675 ini berarti secara serempak terdapat pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada Dealer Astra Motor Nonongan - Solo . Sedangkan untuk uji t diperoleh hasil 4,933 untuk variabel Kebudayaan, 5,734 untuk variabel Kelompok Referensi, 6,156 untuk variabel Keluarga dan 3,269 untuk variabel Kelas Sosial, hasil dari keempat variabel tersebut lebih besar dari t tabel (1,9852),  sehingga dapat diartikan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada Dealer Astra Motor Nonongan Solo.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Faktor eksternal yang terdiri dari Kebudayaan, Kelompok Referensi, Keluarga dan Kelas Sosial secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian sepeda motor Honda. (2) Faktor Eksternal yang terdiri dari Variabel Kebudayaan, Kelompok Referensi, Keluarga dan Kelas Sosial terbukti mempunyai pengaruh secara parsial terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepeda motor Honda. (3) Faktor Keluarga merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian sepeda motor Honda

Berdasar hasil penelitian, peneliti mengajukan saran : karena terbukti bahwa faktor eksternal yang terdiri dari variabel Kebudayaan, Kelompok Referensi, Keluarga dan Kelas Sosial secara serempak maupun parsial mempunyai pengaruh positif  yang signifikan, maka hendaknya pihak Dealer Astra Motor Nonongan Solo tetap memperhatikan perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian sebagai bagian dari strategi pemasaran agar dapat memberikan rangsangan kepada konsumen agar tetap setia dengan produk sepeda motor Honda sehingga dapat mempertahankan predikat sebagai pemimpin pasar yang telah menguasai 60% pasar sepeda motor di Indonesia.

 

           

 

 

 

 

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.