PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL (IC) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PERBANKAN (STUDI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG MASUK DALAM DAFTAR BEI)
Oleh :
Rofi Farih
ABSTRACT The purpose of this research is to investigate influence the efficiency of value added intellectual capital (VAICTM) by the major components of a firm’s resource base (physical capital, human capital and structural capital) on five elements of financial company’s performance (CAMEL): CAR, NPL, NPM, ROA, and LDR. This research uses the Pulic Framework and data from 54 publicly listed banking company’s between the years 2007 and 2008 on the Indonesia Stock Exchange. This research uses regression analysis for the data analysis. Intellectual capital (IC) and four elements of company’s performance are tested by this research. The results show that company’s intellectual capital (VAICTM) influences positively to five elements of financial company’s performance (CAMEL): CAR, NPL, NPM, ROA, and LDR. The limitation of this research is: the data is drawn only from listed banking company’s on the Indonesia Stock Exchange, so this research can’t generalize to all Indonesian banking company’s. ABSTRAKSI Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh dari gabungan komponen pembentuk VAICTM, yang berasal dari sumber daya perusahaan (modal fisik, sumber daya manusia, dan modal struktural) terhadap lima elemen pengukur kinerja keuangan perusahaan (CAMEL) : CAR, NPL, NPM, ROA, dan LDR. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja Pulic dan data dari 54 perusahaan perbankan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2007 dan 2008. Penelitian ini menggunakan analisis regresi untuk menganalisis data. Intellectual capital (IC) dan keempat elemen pengukur kinerja keuangan perusahaan diuji dalam penelitian ini. Hasilnya memperlihatkan bahwa intellectual capital perusahaan (VAICTM) berpengaruh signifikan terhadap lima elemen dari pengukur kinerja keuangan perusahaan (CAMEL): CAR, NPL, NPM, ROA, dan LDR. Keterbatasan dari penelitian ini adalah data diambil hanya dari perusahaan perbankan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI), sehingga tidak dapat digeneralisasikan kepada seluruh perusahaan perbankan di Indonesia.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.