PERANAN SEKRETARIS CAMAT DALAM MEMBANTU TUGAS CAMAT DI BIDANG KESEKRETARIATAN DI KECAMATAN JATIPURO KABUPATEN KARANGANYAR
Oleh :
Aminah Purbasari
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peranan Sekretaris Camat Jatipuro dalam membantu tugas Camat di bidang kesekretariatan di Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar; 2) Kendala apa saja yang dihadapi oleh Sekretaris Camat Jatipuro dalam membantu tugas Camat di bidang kesekretariatan di Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar; 3) Upaya-upaya yang dilakukan oleh Sekretaris Camat Jatipuro dalam mengatasi berbagai kendala yang muncul Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan strategi penelitian tunggal terpancang. Sumber data terdiri dari informan, dokumen dan arsip, serta tempat dan peristiwa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive snowball sampling. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Validitas data yang digunakan yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Model analisis interaktif mengalir digunakan sebagai teknik analisis data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. Peranan Sekretaris Camat Jatipuro adalah sebagai : a). Pembantu pelaksana tugas Camat, b). Penyusun rencana kegiatan kecamatan, c). Penanggung jawab kegiatan kecamatan. 2. Kendala- kendala yang dihadapi oleh Sekretaris Camat Jatipuro: a). Terbatasnya jumlah pegawai kecamatan Jatipuro sehingga kurang seimbang dengan beban pekerjaan yang semakin berat, b). Rendahnya kompetensi dan motivasi kerja pegawai, c). Terbatasnya piranti atau peralatan kantor, d). Kurang representatifnya kondisi gedung kantor Camat Jatipuro. 3. Upaya-upaya Sekretaris Camat Jatipuro dalam mengatasi kendala yang muncul: a). Mengajukan permohonan tambahan pegawai kepada Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Karanganyar, b). Melaksanakan kerja lembur, c). Menyelenggarakan bimbingan teknis kepada perangkat desa, sekaligus pegawai kecamatan bisa mengikutinya, d). Memerintahkan pegawai kecamatan mengikuti bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten atau provinsi, e). Mengajukan permohonan tambahan peralatan kepada Kepala Bagian Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar, f). Meminjam fasilitas milik instansi lain seperti komputer milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang ada di kecamatan, g). Menggunakan fasilitas dan peralatan kantor yang ada saat ini dimiliki seoptimal mungkin, h). Mengajukan rencana angggaran relokasi kantor camat Jatipuro kepada Pemerintah Kabupaten Karanganyar, i). Mengajukan anggaran pelaksanaan rehabilitasi gedung kantor Camat secara bertahap.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.