ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP HASIL PENJUALAN BUKU-BUKU BUDAYA JAWA PADA CV. CENDRAWASIH SUKOHARJO
Oleh :
Albertin Ayudyah Novitasari

Dalam menyalurkan barang kepada kosumen tidak lepas dari promosi. Kegiatan promosi dapat dilakukan dengan cara periklanan, promosi penjualan, personal selling, dan hubungan masyarakat. Kegiatan promosi itu sendiri tidak lepas dari biaya karena berhasil tidaknya memasarkan produk tergantung pada keahlian berpromosi. Adapun perumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Apakah biaya periklanan, biaya promosi penjualan, dan biaya hubungan masyarakat secara parsial dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil penjualan buku-buku budaya Jawa pada CV. Cendrawasih? (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara biaya periklanan, biaya promosi penjualan, dan biaya hubungan masyarakat secara bersama-sama terhadap hasil penjualan buku-buku budaya Jawa pada CV. Cendrawasih? (3) Biaya promosi manakah yang pempunyai pengaruh dominan terhadap hasil penjualan buku-buku budaya Jawa pada CV. Cendrawasih? Dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh biaya periklanan, biaya promosi penjualan, dan biaya hubungan masyarakat terhadap hasil penjualan buku-buku budaya Jawa pada CV. Cendrawasih secara parsial maupun secara bersama-sama dan untuk mengetahui biaya promosi yang paling berpengaruh terhadap hasil penjualan.

Adapun hipotesis yang dikemukakan adalah diduga bahwa biaya periklanan, biaya promosi penjualan dan biaya hubungan masyarakat dapat mempengaruhi hasil penjualan buku-buku budaya Jawa pada CV. Cendrawasih baik secara parsial maupun secara bersama-sama dan biaya promosi yang paling berpengaruh adalah promosi penjualan.

Penelitian ini menggunakan studi kasus pada perusahaan penerbit dan percetakan CV. Cendrawasih Sukoharjo. Data yang diperlukan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data yang diperlukan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi.

Dari hasil analisis data yang dilakukan diperoleh persamaan analisis linier berganda Y = -2.683.024,733 + 4,068 X1 + 7,721 X2 + 3,757.X3. Dari hasil uji t biaya periklanan terhadap hasil penjualan buku-buku budaya Jawa diperoleh t hitung (2,530) > dari t tabel (2,306) maka Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan biaya periklanan terhadap hasil penjualan buku-buku budaya Jawa pada CV. Cendrawasih Sukoharjo. Dari hasil uji t biaya promosi penjualan terhadap hasil penjualan buku-buku budaya Jawa diperoleh t hitung (3,455) > dari t tabel (2,306) maka Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan biaya promosi penjualan terhadap hasil penjualan buku-buku budaya Jawa pada CV. Cendrawasih Sukoharjo. Dari hasil uji t biaya hubungan masyarakat terhadap hasil penjualan buku-buku budaya Jawa diperoleh t hitung (3,258) > dari t tabel (2,306) maka Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan biaya hubungan masyarakat terhadap hasil penjualan buku-buku budaya Jawa pada CV. Cendrawasih Sukoharjo. Dari hasil uji F diperoleh F hitung (7,017) > F tabel (4,76) maka Ho ditolak,artinya ada pengaruh yang signifikan biaya periklanan, biaya promosi penjualan, dan biaya hubungan masyarakat secara bersama-sama terhadap hasil penjualan. Dari hasil perhitungan uji t diketahui bahwa nilai t hitung biaya promosi penjualan mempunyai nilai sebesar (3,455). Hal ini menunjukkan bahwa biaya promosi penjualan mempunyai pengaruh yang dominan terhadap hasil penjualan buku-buku budaya Jawa pada CV. Cendrawasih. Hasil koefisien determinasi (67%) berarti bahwa biaya periklanan, biaya promosi penjualan, dan biaya hubungan masyarakat terhadap hasil penjualan buku-buku budaya Jawa pada CV. Cendrawasih Sukoharjo. Sedang sisanya (33%) adalah variabel yang tidak diteliti.

Saran yang dapat penulis sampaikan adalah perusahaan hendaknya lebih meningkatan biaya periklanan, biaya promosi penjualan, dan biaya hubungan masyarakat untuk meningkatkan hasil penjualan, perusahaan hendaknya memperluas daerah atau pangsa pasar melalui media elektronik (internet dan radio) dan media massa (koran, majalah, tabloid) karena selama ini perusahaan masih kurang menggunakan media tersebut.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.