PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA GARIS BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 02 MENGORI PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Oleh :
Mulroso
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang penjumlahan bilangan bulat positif dan negatif pada siswa dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam pelaksanaan penggunaan media garis bilangan pada siswa kelas IV SD Negeri. 02 Mengori. Penelitian ini disusun dengan metode Penelitian Tindakan Kelas subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Mengori Pemalang yang terdiri dari 26 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumen, observasi, dan wawancara. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian diperoleh kesimpulan pada kondisi awal, nilai rata-rata kelas 63. Dengan penggunaan media garis bilangan pada siklus I, nilai rata-rata kelas menjadi 73. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 83. Dari keseluruhan siklus yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa guru telah mampu meningkatkan hasil prestasi siswa tentang penjumlahan bilangan bulat positif dan negative. Setiap siklus selalu membawa dampak positif ke arah peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Mengori Pemalang tahun ajaran 2009/2010.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.