ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PENGUSAHA MEBEL DI DESA SERENAN KECAMATAN JUWIRING
Oleh :
Sri Wijayanti

Penelitian ini mengambil judul “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pengusaha Mebel di Desa Serenan Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten”. Industri  kecil mebel adalah merupakan  salah satu dari sekian  banyak Industri kecil yang ada di Kabupaten Klaten  yang perlu mendapat perhatian untuk dikembangkan  mengingat  akan peranannya  terhadap penyerapan tenaga kerja dan  peningkatan  pendapatan masyarakat.

             Masalah  yang diangkat dalam penelitian ini  adalah seberapa besar pengaruh  dari variabel tenaga kerja, tingkat  pendidikan, pengalaman usaha dan modal  terhadap pendapatan pengusaha mebel dan variabel mana yang paling besar pengaruhnya.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar  pengaruh  dari variabel tenaga kerja, tingkat pendidikan, pengalaman usaha dan  modal terhadap  pendapatan pengusaha  mebel. Penelitian ini dapat dijadikan wadah untuk mengaplikasikan ilmu ekonomi teori yang didapat  di bangku kuliah, disamping  juga untuk memberikan sumbangan pemikiran kepada para pengusaha  kecil mebel di Desa Serenan,  Kecamatan Juwiring, Kabupaten  Klaten. 

Dari  hasil analisis  data dengan  menggunakan Model Analisis Regresi Linier Berganda  menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi modal, tenaga kerja, pengalaman usaha dan tingkat pendidikan signifikan terhadap pendapatan. Koefisien regresi modal sebesar 1,143536, yang artinya jika modal naik sebesar satu juta rupiah maka pendapatan  naik sebesar 1,43536 juta rupiah, atau koefisien  regresi tenaga kerja sebesar 64.081,78, artinya jika tenaga kerja naik sebesar satu orang maka pendapatan naik sebesar 64.081,78 rupiah. Nilai koefisien   regresi  pengalaman usaha sebesar 43.276,78, artinya  jika pengalaman usaha naik sebesar 1 tahun maka pendapatan  naik sebesar 43.276,37 rupiah. Nilai koefisien regresi tingkat  pendidikan sebesar 67.144,74, artinya jika tingkat  pendidikan naik sebesar  satu tahun maka pendapatan naik sebesar 67.144,74 rupiah.

Saran-saran yang dapat diberikan  bagi pengusaha  mebel mengingat  besarnya  pengaruh  dari tenaga  kerja, tingkat  pendidikan, pengalaman  usaha dan modal terhadap  pendapatan  adalah untuk meningkatkan  tenaga kerja yang terlibat, tingkat  pendidikan yang telah ditempuh, pengalaman usahanya  dan modal yang diinvestasikan. Bagi  Dinas Perindustrian dan perdagangan disamping meningkatan pelatihan  melalui DIKLAT bagi para pengusaha juga agar  membantu  penerapan manajemen usaha, serta  diadakannya program  bapak angkat  dan kredit yang bersifat  lunak.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.