STRATEGI PEMASARAN PRODUK PADA PT. BNI SYARIAH CABANG SURAKARTA
Oleh :
Rina Fitriliana Utami
ABSTRAK Perbankan syariah merupakan salah satu jenis kegiatan perbankan yang kegiatannya didasarkan pada prinsip syariah, yang terbebas dari riba. Akan tetapi, dalam perkembangannya mengalami hambatan, terutama dalam pemasarannya. Sehingga diperlukan strategi yang tepat, agar perbankan syariah dapat diterima oleh masyarakat. PT Bank Negara Indonesia Syariah merupakan salah satu bank yang bergerak dibidang perbankan syariah. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk yang diterapkan oleh PT. BNI Syariah cabang Surakarta. Strategi pemasaran yang tepat dan terarah merupakan kunci sukses pemasaran suatu produk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yaitu mengambil satu obyek tertentu. Data yang diperoleh melalui dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara langsung dengan unit pemasaran pada PT. BNI Syariah cabang Surakarta. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian, data ini diperoleh dari buku maupun sumber lainnya. Hasil penelitian ini adalah bahwa PT. BNI Syariah cabang Surakarta telah melaksanakan strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix yang meliputi place, price, product, dan promotion. Hambatan-hambatan yang dihadapi PT. BNI Syariah cabang Surakarta dalam pemasaran produk adalah kurangnya pengetahuan yang mendalam masyarakat mengenai bank syariah, kurangnya sumber daya manusia pemasaran yang kompeten dan ketetapan sistem dari pusat yang sangat ketat. Saran yang dapat penulis berikan bagi PT. BNI Syariah cabang Surakarta adalah lebih meningkatkan pelayanan serta kualitas produk agar tetap mampu bersaing dan lebih meningkatkan manajemen mutu, sumber daya manusia, sistem kerja, dan mampu menciptakan strategi yang kompetitif. Kata Kunci : Strategi Pemasaran (Place, Price, Product, dan Promotion) ABSTRACT Syaria banking or islamic is one of the types of banking activities whose activities are based on Islamic principles which is free from usury. However, they have problems in their development, especially in marketing. So it requires the right strategy, that sharia banking can be accepted by society. PT Bank Negara Indonesia Syariah is one of the banks engaged in islamic banking. Final duty was aimed to identify the product marketing strategy adopted by PT. BNI Syariah Surakarta branch. Appropriate marketing strategy and fokusis key to successfully marketing a product. The research method used in this research is a case study that was taking one particular object. Data obtained through two sources, namely primary and secondary data. Interview primary data obtained by the direct marketing unit of PT. BNI Syariah Surakarta branch. While secondary data obtained from other sources related to research, this data was obtained from books or other sources. The results of this study is that of PT. BNI Syariah Surakarta branch has performed with the use of 4P marketing strategy wich include place, price, product and promotion. Barriers fased by PT. BNI Syariah Surakarta branch in the marketing of products is the lack of detailed knowledge about the society of islamic bank, the lack of human resources who are competent marketing and provisioning system which is very strict from the center. Suggestions that can the outhor give for PT. BNI Syariah Surakarta branch is to increase the service and quality products in order to remain competitive and further improve quality management, human resources, labor system and capable of creating a competitive strategy. Keywords : Marketing strategy ((Place, Price, Product, dan Promotion)

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.