UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN METODE PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (PQ4R) PADA SISWA KELAS VI MIN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Oleh :
Muhsin
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan: 1) keaktifan belajar siswa kelas VI MIN Susukan tahun pelajaran 2010/2011; dan 2) kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VI MIN Susukan tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di MIN Susukan, karena kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan masih rendah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI sebanyak 17 anak dan 1 orang guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi dan angket. Alat pengumpulan data meliputi butir soal tes, pedoman observasi dan pedoman angket. Teknik yang digunakan untuk memeriksa validitas data dengan trianggulasi, yaitu memeriksa kebenaran hipotesis, konstruk, analisis yang ditimbulkan sendiri oleh peneliti dengan membandingkan dengan hasil orang lain. Trianggulasi dalam penelitian ini meliputi : (1) Trianggulasi data, yaitu dengan menggunakan berbagai sumber data, seperti dokumen, arsip, hasil diskusi refleksi pembelajaran dengan guru dan siswa; (2) Trianggulasi teori, yaitu dengan berbagai teori yang berlainan untuk memastikan bahwa data yang dikumpulkan sudah memenuhi syarat; dan (3) Trianggulasi metode, yaitu dengan metode tes, observasi dan angket. Penelitian ini meliputi 3 (tiga) siklus tindakan. Setiap siklus meliputi 4 tahap yaitu: (1) persiapan dan perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi dan interpretasi; dan (4) analisis dan refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: (1) data kuantitatif dengan analisis deskriptif komparatif, dan (2) data kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dikemukakan berikut: (1) Penggunaan metode PQ4R dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VI MIN Susukan tahun pelajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil penilaian terhadap pengamatan, skor keaktifan siswa pada kegiatan pembelajaran siklus I adalah 6,4 (cukup). Siklus II adalah 7,6 (baik) dan siklus III adalah 8,4 (baik); (2) Penggunaan metode PQ4R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VI MIN Susukan tahun pelajaran 2010/2011. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI MIN Susukan ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I sebanyak 12 siswa (70,59), siklus II sebanyak 14 siswa (82,35) dan siklus III sebanyak 17 siswa (100%). Dari hasil tersebut, penelitian ini dapat dijadikan suatu pertimbangan bagi guru yang ingin menerapkan metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar, terutama bagi guru bahasa Indonesia dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.