ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PENILAIAN KINERJA TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR KARYAWAN PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK DI SURAKARTA
Oleh :
Sutarjo
Sutarjo. S 4103052. “Analisis Pengaruh Faktor-faktor Penilaian Kinerja Terhadap Pengembangan Karir Karyawan Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di Surakarta”. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh faktor kualitas, kuantitas, jangka waktu, keefektivan biaya, kebutuhan penyelia, dan dampak interpersonal secara parsial terhadap pengembangan karir karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di Surakarta; 2) Untuk mengetahui pengaruh faktor kualitas, kuantitas, jangka waktu, keefektivan biaya, kebutuhan penyelia, dan dampak interpersonal secara simultan terhadap pengembangan karir karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di Surakarta; 3) Untuk mengetahui faktor yang dominan berpengaruh secara signifikan terhadap pengembangan karir karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang ada pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di Surakarta, meliputi Kantor Cabang Solo, Jl. Arifin No.2; Kantor Cabang Slamet Riyadi, Jl. Slamet Riyadi No. 348; Kantor Cabang Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami No. 76, Surakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah pengambilan sampel keputusan (Judgement Sampling), dengan model analisis regresi berganda. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa hanya faktor kualitas (X1), faktor kuantitas (X2), faktor kebutuhan penyelia (X5) dan faktor dampak interpersonal (X6) yang berpengaruh secara signifikan terhadap pengembangan karir (Y). Dengan demikian, hasil penelitian ini tidak sesuai dengan model yang dihipotesiskan. Lebih lanjut, secara simultan faktor-faktor penilaian kinerja (X) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel pengembangan karir karyawan (Y). Dengan demikian, hasil penelitian ini sesuai dengan model yang dihipotesiskan. Terakhir, hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang dominan mempengaruhi variabel pengembangan karir karyawan (Y) adalah faktor kualitas kerja karyawan (X1). Dengan demikian, hipotesis 3 yang telah ditetapkan sebelumnya adalah tidak terbukti. Saran dalam penelitian ini antara lain: PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. di Surakarta perlu memperhatikan faktor kualitas (X1), faktor kuantitas (X2), faktor kebutuhan penyelia (X5) dan faktor dampak interpersonal (X6) untuk dimasukkan sebagai elemen-elemen penilaian dalam program pengembangan karir (Y) bagi karyawannya. Karyawan perlu memotivasi prestasi kerjanya, berpikir kreatif dan imajinatif dalam pekerjaan, menyelesaikan pekerjaan sesuai tujuan yang diharapkan oleh organisasi. Hendaknya pada penelitian yang akan datang dapat digunakan variabel penelitian yang lebih variatif. Dengan demikian, dimungkinkan hasil penelitian yang akan diperoleh lebih mendekati kebenaran baik secara teoritis maupun empiris dapat dicapai. Kata Kunci: Penilaian Kinerja, Karir dan Pengembangan Karir.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.