STRATEGI PEMASARAN PRODUK PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH SLAMET RIYADI SOLO
Oleh :
Ratih Tri Tunjungsari
Sistem perbankan di Indonesia di era modern saat ini mulai menunjukkan kemajuannya, dengan kehadiran sistem perbankan syariah di dalamnya, yang menjadikan sistem perbankan Indonesia tidak hanya terpacu pada sistem perbankan konvensional. Perbankan syariah adalah jenis kegiatan perbankan yang didasarkan pada prinsip-prinsip syariah Islam, yang tidak menganut sistem riba di dalamnya. Berdasarkan perkembangannya dari tahun ke tahun, perbankan syariah banyak mengalami kemajuan, tetapi tidak sedikit pula hambatan yang harus dihadapi, terutama dalam hal pemasarannya, sehingga dibutuhkan strategi agar perbankan syariah dapat diterima oleh masyarakat. PT. BRI Syariah Solo merupakan salah satu bank yang bergerak di bidang perbankan syariah. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk yang digunakan oleh PT. BRI Syariah Solo. Strategi pemasaran yang tepat serta terarah akan menjadi kunci kesuksesan bagi pemasaran suatu produk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode wawancara yang dilakukan dengan melakukan tanya jawab kepada karyawan, dan metode studi pustaka yang dilakukan dengan mempelajari buku-buku maupun sumber lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa PT. BRI Syariah Solo menggunakan marketing mix yang terdiri dari place (tempat), product (produk), price (harga), dan promotion (promosi) sebagai cara untuk memasarkan produknya. Permasalahan pemasaran yang dihadapi oleh PT. BRI Syariah Solo adalah kurangnya efektifnya promosi yang dilakukan, kurangnya pemahaman nasabah tentang sistem Syariah, persaingan yang ketat antar bank-bank yang ada, dll. Langkah-langkah yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan meningkatkan kualitas promosi, mengadakan pelatihan selling skills, dll Saran yang dapat penulis berikan bagi PT. BRI Syariah Solo adalah meningkatkan variabel price dalam marketing mix, meyakinkan target market agar mau menggunakan jasa perbankan lebih cepat dari waktu yang target market inginkan, dll. Kata kunci : Strategi pemasaran (place, product, price, promotion)

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.