KEEFEKTIFAN FOCUS GROUP DISCUSSION DALAM MENGOPTIMALKAN MEKANISME KOPING WANITA MENOPAUSE DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN POLA SEKSUALITAS (DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NANGKAAN KABUPATEN BONDOWOSO)
Oleh :
Sasmiyanto
Latar belakang; focus group discussion adalah suatu kegiatan diskusi kelompok yang diadakan untuk kepentingan khusus guna mendiskusikan suatu masalah tertentu melalui curah pendapat (brain storming) dengan peserta terfokus dan bersifat homogen. Tujuan dari tesis ini adalah mengetahui keefektifan focus group discussion dalam memaksimalkan mekanisme koping wanita menopause. Pendidikan kesehatan merupakan bagian dari keseluruhan upaya kesehatan (promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif) yang menitikberatkan pada upaya meningkatkan perilaku hidup sehat. Metode; desain penelitian ini menggunakan randomized control trial yang digunakan untuk mengetahui keefektifan focus group discussion dalam memaksimalkan mekanisme koping wanita menopause. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas (konsistensi internal) dengan: item total correlation dan alpha Crohnbach. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 wanita menopause, yang diambil dengan teknik simple random sampling. Hasil; analisis yang digunakan adalah t–test dengan p value perbedaan rerata kemampuan koping pada kelompok dengan pendidikan kesehatan dengan dan tanpa focus group discussion sebesar 0,007, yang berarti ada perbedaan yg signifikan antara kedua kelompok perlakuan. Hasil uji menunjukan nilai mean (posttest - pretest) masing – masing kelompok, kelompok pendidikan kesehatan tanpa focus group discussion sebesar 6,3 sedangkan kelompok pendidikan kesehatan dengan focus group discussion sebesar 8,7. Kesimpulan; penelitian ini adalah metode focus group discussion efektif dalam meningkatkan kemampuan koping wanita menopause. Rekomendasi penelitian ini focus group discussion sangat tepat diterapkan dalam memaksimalkan mekanisme koping wanita menopause.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.