MANAJEMEN PEMELIHARAAN AYAM BROILER DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH ANEKA USAHA TERNAK DINAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN KABUPATEN SRAGEN
Oleh :
Wimbi Saputro
Usaha peternakan ayam, baik ayam petelur maupun ayam pedaging merupakan suatu usaha yang prospeknya masih bagus. Hal ini karena kebutuhan maupun permintaan daging ayam dan telur ayam cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk dan meningkatnya permintaan akan kebutuhan daging ayam, hal tersebut dapat menandakan bahwa peluang usaha di bidang peternakan ayam pedaging ini masih terbuka lebar, oleh karena itu banyak pengusaha yang berminat untuk membuka usaha di bidang peternakan ayam pedaging. Kegiatan magang yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh pengalaman kerja lapang langsung mengenai manajemen pemeliharaan ayam broiler dan juga menambah pengetahuan, keterampilan dan wawasan bagi setiap mahasiswa dalam dunia peternakan unggas, serta mengaplikasikan teori-teori yang didapat selama perkuliahan. Diharapkan pula dengan praktek kerja lapangan ini mahasiswa mendapatkan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan dunia kerja, serta menumbuhkan semangat dan jiwa wirausaha. Kegiatan magang manajemen pemeliharaan ayam broiler ini dilaksanakan di UPTD Aneka Usaha Ternak yang berlokasi di Dukuh Kliro, Desa Dawung, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Pelaksanaan magang di UPTD AUT ini dilakukan selama satu bulan terhitung mulai tanggal 16 Februari sampai 19 Maret 2011. Dalam beternak ayam broiler, dikenal dua masa pemeliharaan yaitu : Pemeliharaan masa awal/starter dan juga pemeliharaan masa akhir/finisher. Masa awal/starter merupakan masa ketika anak ayam broiler sudah kuat untuk hidup layak, yaitu sejak anak ayam berusia 1 hari 4 minggu. Masa akhir/finisher merupakan saat terakhir kehidupan ayam broiler, pada akhir periode inilah ayam broiler siap untuk dijual atau siap dipotong, yaitu umur 4 minggu sampai dengan panen. Banyak faktor yang harus diperhatikan dan dikerjakan dalam melakukan pemeliharaan ayam broiler di sebuah peternakan. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan antara lain penentuan bibit yang akan dipelihara, perkandangan, pakan, manajemen pemeliharaan dan juga kesehatan lingkungan kandang. Dalam pemeliharaan ayam broiler manajemen harus diperhatikan agar tidak terjadi kelalaian yang dapat mengakibatkan kerugian bagi peternak.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.