PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN TGT (TEAM GAME TOURNAMENT ) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN MEMORI DAN ESQ SISWA ( STUDI KASUS MATERI HALOGEN PADA KELAS XII SMA REGINA PACIS SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
Oleh :
Marwanto
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh model pembelajaran TGT dan Jigsaw terhadap prestasi belajar, (2) pengaruh kemampuan memori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar, (3) pengaruh ESQ tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar, (4) interaksi model pembelajaran dan kemampuan memori terhadap prestasi belajar, (5) interaksi model pembelajaran dan ESQ terhadap prestasi belajar, (6) interaksi antara kemampuan memori dan ESQ terhadap prestasi belajar, (7) interaksi model pembelajaran , kemampuan memori, dan ESQ terhadap prestasi belajar. Dalam penelitian ini sebagai populasi adalah kelas XII IPA SMA Regina Pacis Surakarta tahun pelajaran 2009/2010 menggunakan metode ekaperimen jigsaw dan TGT. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket untuk variabel ESQ, metode tes untuk variabel kemampuan memori, dan variabel prestasi belajar. Teknik analisa data menggunakan analisis varian 3 jalan dengan frekuensi sel tak sama, uji lanjut yang digunakan adalah metode Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Siswa dengan pembelajaran jigsaw prestasinya lebih baik dibandingkan siswa dengan pembelajaran TGT. (2) Siswa kemampuan memori tinggi prestasinya lebih baik dibandingkan siswa kemampuan memori rendah. (3) Siswa dengan ESQ tinggi prestasinya lebih baik dibandingkan siswa dengan ESQ rendah. (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan memori terhadap prestasi yaitu siswa dengan kemampuan memori tinggi diajar dengan model TGT prestasinya lebih baik dibandingkan siswa kemampuan memori rendah.Sedangkan siswa kemampuan memori rendah diajar dengan model jigsaw prestasinya lebih baik dibanding siswa kemampuan memori rendah diajar dengan model TGT. (5) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan ESQ terhadap prestasi yaitu siswa ESQ tinggi diajar dengan model jigsaw prestasinya lebih baik dibanding siswa ESQ rendah. (6) Tidak ada interaksi antara kemampuan memori dan ESQ terhadap prestasi (7) Tidak ada interaksi model pembelajaran, kemampuan memori, dan ESQ terhadap prestasi. Kata kunci : Pembelajaran kooperatif Jigsaw, pembelajaran kooperatif TGT, kemampuan memori, ESQ, prestasi belajar, halogen

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.