HUBUNGAN ANTARA KAMPANYE POLITIK DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MASYARAKAT DALAM MEMILIH WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA PADA PEMILUKADA SURAKARTA TAHUN 2010 (STUDI KORELASI PADA WARGA MASYARAKAT GENDINGAN RW 16 KELURAHAN JEBRES)
Oleh :
Sigit Setyawan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara pengetahuan tentang kampanye politik dengan pengambilan keputusan masyarakat dalam memilih calon walikota pada pemilukada Surakarta tahun 2010. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, populasi adalah warga masyarakat Gendingan RW 16 kelurahan Jebres yang terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang berjumlah 453 orang. Sampel diambil dengan tehnik Area Probability Random Sampling dan didapatkan sampel sejumlah 113 orang, tehnik pengumpulan data variabel Kampanye Politik dan variabel Pengambilan Keputusan menggunakan angket. Tehnik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara kampanye politik dengan pengambilan keputusan masyarakat dalam memilih calon walikota pada pemilukada Surakarta tahun 2010, yang dibuktikan dengan hasil analisa yaitu didapatkan hasil perhitungan rxy = 0,172 yang berarti sangat rendah atau tidak berkorelasi dan interprestasi signifikansi 5%, rhitung < rtabel atau 0,172 < 0,195.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.