PENGGUNAAN METODE READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ANAK TUNA GRAHITA KELAS X SMALB-C SETYA DARMA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Oleh :
Retno Nur Aisyah
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui metode reading aloud dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada anak tunagrahita kelas X SMALB-C Setya Darma Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yaitu sebuah penelitian yang merupakan kerja sama antara peneliti, guru, siswa, dan pihak-pihak lain yang terkait untuk menciptakan suatu kinerja sekolah yang lebih baik. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMALB-C Setya Darma Surakarta yang berjumlah 4 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan metode reading aloud adalah adanya peningkatan nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa pada kondisi awal 51,00 kemudian pada siklus I meningkat menjadi 60,25 dan pada siklus II nilai rata-ratanya adalah 70,75. Indikator ketercapaian yang digunakan dalam penelitian ini terdapat pada siklus terakhir saat pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca pemahaman untuk siswa tunagrahita kelas X SMALB-C Setya Darma Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011 dilihat dari ketuntasan belajar dihitung dari jumlah siswa yang mampu mendapat nilai ≥ 60 yaitu 3 siswa atau 75 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada anak tunagrahita kelas X SMALB-C Setya Darma Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.