UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MELALUI PERMAINAN DUA WARNA BAGI SISWA KELAS IV SLB C SHANTI YOGA KLATEN TAHUN AJARAN 2010/2011
Oleh :
Nurma Yupita
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada sub pokok penjumlahan bilangan bulat setelah menerapkan permainan dua warna siswa kelas IV SLB C Shanti Yoga Klaten tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini berbentuk Classroom Action Research/ Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu pencermatan kegiatan pembelajaran berupa tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Subyek yang memperoleh perlakuan adalah siswa tunagrahita kelas IV SLB C Shanti Yoga Klaten yang berjumlah 7 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi yang diterapkan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai antar siklus dengan indikator pencapaian. Data kuantitatif ini ditampilkan melalui tabel dan grafik untuk membandingkan antara hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan: pada siklus I perolehan ketuntasan hasil belajar sebanyak 4 dari 7 siswa atau sebesar 57,1%. Hasil tindakan siklus II ditemukan peningkatan prestasi belajar siswa dengan perolehan ketuntasan hasil belajar sebanyak 6 dari 7 siswa atau sebesar 85,7%. Keberhasilan tindakan berdasarkan indikator ketercapaian terjadi pada siklus II. Dari hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan permainan dua warna dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada sub pokok bahasan penjumlahan bilangan bulat bagi siswa kelas IV SLB C Shanti Yoga Klaten tahun ajaran 2010/2011.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.