PERENCANAAN PEMBANGUNAN PARTISIPATIF(STUDI TENTANG PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PERENCANAAN PROYEK DANA PEMBANGUNAN KELURAHAN DI KELURAHAN KADIPIRO KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA TAHUN 2009)
Oleh :
Eka Rakhmawati
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam perencanaan proyek DPK dan faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam perencanaan tersebut. Penelitian ini mengambil lokasi di Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampel dipilih teknik purposive sampling. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dengan model analisis interaktif dalam menganalisis data. Perencanaan pembangunan di Kadipiro terbagi menjadi tiga tahap, yaitu Rembug RT, Rapat RW, dan Musrenbangkel. Tipologi partisipasi dalam setiap tahap berbeda-beda. Pada Rembug RT masyarakat memiliki partisipasi penuh dalam perencanaan. Pada Rapat RW masyarakat berpartisipasi secara parsial. Pada Musrenbangkel partisipasi masyarakat palsu. Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan antara lain: belum terdapat peraturan atau kebijakan yang mengatur tentang partisipasi, komitmen pemerintah dalam melaksanakan perencanaan pembangunan partisipatif cukup besar, dan persepsi dan sikap penerimaan masyarakat dalam perencanaan pembangunan partisipatif terkendala budaya paternalisme. Saran yang penulis berikan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan antara lain: pemerintah daerah hendaknya membuat pedoman pelaksanaan perencanaan partisipatif dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, pengadaan Rembug RT dikemas dalam kegiatan yang lebih menarik, rekomitmen pemerintah dalam melaksanakan perencanaan partisipatif.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.