KONTRIBUSI DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Oleh :
Nuruzzuhal
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kontribusi antara disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. 2) Untuk mengetahui kontribusi antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. 3) Untuk mengetahui kontribusi antara disiplin belajar dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo yang terbagi dalam empat kelas dan berjumlah 165 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling dengan perhitungan 30% dari jumlah populasi, sehingga diperoleh sampel dalam penelitian ini adalah 30% x 165 = 49,5 siswa, atau dibulatkan menjadi 50 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier ganda. Sebelum analisis data dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Terdapat kontribusi antara disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t untuk variabel disiplin belajar menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabelČ atau 2,902 > 2,012. Hal ini berarti semakin tinggi disiplin belajar siswa maka akan semakin baik pula hasil belajar siswa. 2) Terdapat kontribusi antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t untuk variabel ligkungan keluarga menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabelČ atau 2,425 > 2,012. Hal ini berarti semakin baik kondisi lingkungan keluarga siswa maka akan semakin baik pula hasil belajar siswa. 3) Terdapat kontribusi antara disiplin belajar dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji F yang menunjukkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel atau 13,109 > 3,195. Hal ini berarti semakin tinggi disiplin belajar siswa dan kondisi lingkungan keluarga siswa maka akan semakin baik pula hasil belajar siswa. Temuan lain yang dapat dilaporkan dari hasil penelitian ini adalah persamaan garis regresi linear ganda Y = 39,480 + 0,340 X1 + 0,297 X2. Hal ini berarti bahwa rata-rata satu unit hasil belajar siswa (Y) akan meningkat atau menurun sebesar 0,340 untuk setiap peningkatan atau penurunan satu unit disiplin belajar (X1) dan juga akan meningkat atau menurun sebesar 0,297 untuk setiap peningkatan atau penurunan satu unit lingkungan keluarga (X2). Besarnya sumbangan yang diberikan oleh masing-masing variabel adalah: (1) Sumbangan relatif disiplin belajar (X1) terhadap hasil belajar (Y) adalah sebesar 56,14%. (2) Sumbangan relatif lingkungan keluarga (X2) terhadap hasil belajar (Y) adalah sebesar 43,86 %. (3) Sumbangan efektif disiplin belajar (X1) terhadap hasil belajar (Y) adalah sebesar 20,10%. (4) Sumbangan efektif lingkungan keluarga (X2) terhadap hasil belajar (Y) adalah sebesar 15,70%.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.