PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERKALIAN MELALUI MEDIA JARIMATIKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SD NEGERI 1 KURUNG KLATEN TAHUN AJARAN 2010/2011
Oleh :
Uswatun Chasanah
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar perkalian melalui media jarimatika pada pembelajaran matematika siswa kelas 2 SD Negeri 1 Kurung tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SD Negeri 1 Kurung Klaten Tahun Ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 10. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Validitas data yang digunakan adalah trianggulasi data dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif interaktif. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan hasil belajar perkalian, sedangkan variabel tindakan yang digunakan adalah media jarimatika. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar perkalian siswa kelas 2 SD Negeri 1 Kurung. Kondisi awal sebelum tindakan nilai rata-rata siswa hanya 53,2. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 59,8 dan nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 70,8. Sebelum dilakukan tindakan siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 sebanyak 3 siswa (30%). Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 sebanyak 6 siswa (60%) dan pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 sebanyak 8 siswa (80%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan menerapkan media jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar perkalian dengan pembelajaran matematika siswa kelas 2 SD Negeri 1 Kurung.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.