PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP LINGKUNGAN PROPINSI DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KONTEKSTUAL KELAS IV PADA SISWA SDN KRINJING 1 KAB MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
Oleh :
Marno
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan prestasi belajar IPS kelas IV SD Negeri Krinjing1 kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, (2) untuk meningkatkan pemahaman konsep tentang wilayah provinsi JawaTengah melalui alat peraga Ilustrasi kondisi alam dan gambar secara optimal. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan , yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. . subjek adalah siswa kelas IV SD Negeri Krinjing1 kecamatan Dukun kabupaten Magelang yang berjumlah 17 siswa. Subjek diambil dengan alasan peneliti dalam mengambil subjek secara klasikal. Teknik pengumpulan data digunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan dengan trianggulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis deskriptif dan analisis interaktif. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : Penggunaan media gambar dan bagan secara optimal, dapat meningkatkan penguasaan konsep lingkungan setempat. Penggunaan media gambar secara optimal, dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa. Hal ini terbukti pada nilai yang diperoleh siswa yaitu nilai rata-rata dari pra siklus ,siklus I dan siklus II adalah : 58,24 (pra siklus), 63,52(siklus I) dan 72,94 (siklus II). Setiap siklus selalu membawa dampak positip kearah peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Krinjing1 tahun pelajaran 2010/2011 Kata Kunci : Model Kontekstual, Prestasi Belajar

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.