PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM BERMAIN DRAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PATIHAN 1 SIDOHARJO SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
Oleh :
EmaDwi Sasongko
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Patihan I Sidoharjo Sragen tahun ajaran 2010/2011, berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Sumber data yang digunakan adalah informasi dari narasumber yaitu guru kelas V dan siswa, hasil pengamatan proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dan dokumen resmi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Untuk menguji validitas data peneliti menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, meliputi tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil kondisi awal prasiklus yaitu 60,33 dengan ketuntasan klasikal 42,86%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas mencapai 69,48 dengan ketuntasan klasikal 80,95%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat 78,81 dengan ketuntasan klasikal 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam bermain drama siswa kelas V SDN Patihan 1 Sidoharjo Sragen tahun ajaran 2010/2011.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.