PENGGUNAAN METODE QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS 6 SD TRIPUSAKA SURAKARTA
Oleh :
Noviana Neni
Permasalahan yang dibahas dalam laporan Tugas Akhir ini adalah (1) Bagaimanakah metode pembelajaran sebelum Quantum Teaching yang digunakan SD Tripusaka dan hasilnya? (2) Bagaimanakah penerapan Quantum Teaching pada siswa kelas 6 SD Tripusaka Surakarta terutama mata pelajaran bahasa Mandarin dan hasilnya? (3) Apakah keunggulan dan kelemahan penerapan metode Quantum Teaching dan cara mengatasi kelemahannya? Tujuan dalam penulisan laporan Tugas Akhir ini adalah (1) Mengetahui metode pembelajaran sebelum Quantum Teaching yang digunakan SD Tripusaka dan hasilnya. (2) Mengetahui penerapan Quantum Teaching pada siswa kelas 6 SD Tripusaka Surakarta terutama mata pelajaran Bahasa Mandarin dan hasilnya. (3) Mengetahui keunggulan dan kelemahan penerapan metode Quantum Teaching dan cara mengatasi kelemahannya. Secara teoretis, manfaat hasil penulisan ini dapat menjadi tambahan kapustakan bagi dunia pendidikan dengan bentuk metode pengajaran quantum teaching. Secara praktis, dapat dijadikan sebagai bahan refrensi bagi penulis lainnya. Metodologi dalam penulisan tugas akhir ini adalah bentuk deskriptif kualitatif, yaitu bentuk penulisan yang lebih mengutamakan bahasa daripada angka. Hasil dari penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah Metode pembelajaran yang digunakan di SD Tripusaka Surakarta, sebelum menggunakan metode Quantum (Quantum Teaching) adalah metode pembelajaran ceramah, Hasil belajar yang didapat oleh para siswa tidak bisa merata. Penerapan metode Quantum Teaching di SD Tripusaka Surakarta pada mata pelajaran bahasa Mandarin kelas 6, dimulai dengan mengubah tempat duduk siswa sesuai dengan keinginan siswa. Pelajaran yang diberikan kepada siswa adalah pelajaran tentang warna dan nama keluarga dalam Bahasa Mandarin. Model Quantum Teaching dibagi dalam 5 tahap, yaitu tes tertulis, observasi,wawancara, portofolio, dan demonstrasi. Hasil yang dicapai dalam metode Quantum Teaching menunjukan bahwa rata-rata semua siswa dapat menguasai materi pelajaran yang diberikan. Kelebihan metode Quantum adalah suasana yang diciptakan kondusif, kohesif, dinamis, interaktif, partisipatif, komunikatif, dan saling menghargai setiap pendapat siswa sangat dihargai. Kelemahan metode Quantum Teaching. Tidak semua guru di Indonesia dapat menciptakan suasana kondusif, kohesif, dinamis, interaktif, partisipatif, dan saling menghargai.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.