WEB PPDB (PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU) PROGRAM RSBI (RINTISAN SEKOLAH BERBASIS INTERNASIONAL) DAN PROGRAM AKSELERASI BERBASIS PHP DAN MYSQL SMA NEGERI 1 SURAKARTA
Oleh :
Risa Fersiamesti
Web PPDB merupakan web pendaftaran yang bertujuan untuk mengolah data pendaftaran calon siswa didik di SMA Negeri 1 Surakarta. Alasan pembaruan sistem web PPDB karena web PPDB yang sebelumnya tidak dapat mengolah data pendaftaran yang terdiri dari data biodata pendaftar, nilai rapor, nilai UN, dan skoring piagam. Data-data tersebut juga belum terintegrasi dengan output pendaftaran seperti pencetakan form bukti pendaftaran. Sebagian penginputan data pendaftaran juga masih dilakukan secara manual dan tidak diolah secara computerized sehingga kemungkinan dapat menimbulkan redudancy data. Pengumpulan data informasi mengenai web PPDB dilakukan dengan cara observasi data ke sekolah dan mewawancarai pihak panitia PPDB. Perancangan sistem menggunakan Context Diagram, Data Flow Digram, Entitiy Relationship Diagram, dan Database Table. Pembuatan program menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, javascript, dan SQL, software yang digunakan adalah Apache (Web Server) dan MySQL (database). Pengujian dilakukan dengan cara pengetesan alur program pendaftaran baik dari sisi admin atau pengunjung/pendaftar apakah sudah berjalan dengan baik atau masih mengalami error. Implemetasi program dijalankan lewat local dengan menggunakan bantuan Apache, MySQL, PHPMyAdmin, dan browser. Web PPDB SMA Negeri 1 Surakarta merupakan web yang digunakan untuk memproses dan mengolah data pendaftaran yang terdiri dari data biodata pendaftar, data nilai rapor, UN, dan piagam pendaftar, dan juga mengolah nilai hasil test seleksi yang sekaligus langsung diranking menurut nilai hasil testnya. Skoring piagam dan bobot nilai hasil test dapat diubah secara dinamis. Terdapat sistem randomisasi tempat duduk untuk penomoran bangku ujian test seleksi pendaftaran.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.