PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN STABILITY BALL HOPS, WHEELBARROW DRIIL DAN PLYO PUSH UPS TERHADAP PENINGKATAN KEKUATAN OTOT LENGAN DITINJAU DARI PRESTASI RENANG GAYA BEBAS 50 METER (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA PUTERA JURUSAN OTOMOTIF SMK NEGERI 1 GEG
Oleh :
Novi Arijanto Trisminarwan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan pengaruh Metode latihan Whellbarrow drill, Stability ball hops dan Plyo push ups, terhadap peningkatan kekuatan otot lengan ditinjau dari kecepatan berenang 50 meter gaya bebas, (2) perbedaan peningkatan kecepatan berenang 50 meter gaya bebas antara yang memiliki kekuatan otot baik, sedang dan kurang baik, (3) pengaruh interaksi metode latihan Whellbarrow drill, Stability ball hops dan, Plyo push ups dengan yang memiliki kekuatan otot lengan baik, sedang, kurang baik terhadap peningkatan kecepatan berenang 50 meter gaya bebas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Faktorial. Rancangan penelitian ini dengan menggunakan faktorial 3x3. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa putra jurusan otomotif SMK Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun dengan menggunakan kolam renang Banyu Biru Kabupaten Madiun, keseluruhan siswa yang diambil hanya yang bisa renang gaya bebas 50 meter yang berjumalah 45 siswa. Tehnik pengambilan sampel dengan menggunakan Sampling acak atau Sampling Peluang. Teknik analisis datanya dengan menggunakan ANAVA. Sebelum menguji dengan ANAVA Rancangan Faktorial 3x3, terlebih dahulu uji prasyarat analisis data dengan menggunakan uji normalitas sampel (uji Lilliefors dengan α = 0,05 % ) dan Uji homogenitas varians ( Uji Barllet dengan α = 0,05 % ). Kesimpulan penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat diperoleh sebagai berikut: (1). Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan stability ball hops, wheelbarrow drill dan plyo push ups terhadap peningkatan kekuatan otot lengan ditinjau dari peningkatan prestasi renang gaya bebas 50 meter. Pengaruh metode latihan plyo push ups lebih baik dari pada latihan stability ball hops dan latihan wheelbarrow drill dimana plyo push ups memiliki rata-rata peningkatan persentase prestasi renang gaya bebas 50 meter 3.80 detik lebih tinggi dibandingkan stability ball hops dan 2.02 detik lebih tinggi dibandingkan dengan latihan wheelbarrow drill. Metode latihan wheelbarrow drill memiliki rata-rata peningkatan persentase prestasi renang gaya bebas 50 meter 1.78 detik lebih tinggi dibandingkan stability ball hops. (2) Ada perbedaan peningkatan prestasi renang gaya bebas 50 meter yang signifikan antara siswa yang memiliki kekuatan otot lengan baik, sedang dan kurang. Peningkatan prestasi renang gaya bebas 50 meter pada siswa yang memiliki kekuatan otot lengan baik lebih baik dari pada yang memiliki kekuatan otot lengan sedang maupun kurang. Dari angka-angka yang dihasilkan dalam analisis data menunjukkan bahwa perbandingan rata-rata peningkatan prestasi renang gaya bebas 50 meter pada siswa yang memiliki kekuatan otot lengan baik 0.66 detik yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki kekuatan otot lengan sedang, dan 2.92 detik lebih tinggi jika dibandingkan dengan kekuatan otot lengan kurang baik. Sedangkan siswa yang memiliki kekuatan otot lengan sedang memiliki peningkatan prestasi renang gaya bebas 50 meter 2.26 detik yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki kekuatan otot lengan kurang baik. (3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara metode latihan dan kekutan otot lengan terhadap prestasi renang gaya bebas 50 meter dimana latihan stability ball hops lebih cocok bagi siswa dengan kekuatan otot lengan sedang, metode latihan wheelbarrow dril lebih cocok bagi siswa dengan kekutan otot lengan baik sedangkan siswa yang memiliki kekutan otot kurang baik lebih cocok mendapat metode latihan plyo push ups.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.