PENGARUH KEPEMIMPINAN DIRI TERHADAP KINERJA DENGAN KEYAKINAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI STUDI PADA PT BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) KANTOR CABANG SOLO RAYA PERIODE. TH 2011/2012
Oleh :
Watin Romaniah
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) Apakah kepemimpinan diri memiliki pengaruh langsung terhadap keyakinan diri karyawan PT Bank Tabungan Negara Cabang Solo Raya ?, 2) Apakah kepemimpinan diri memiliki pengaruh langsung dan positif terhadap kinerja karyawan PT Bank Tabungan Negara Cabang Solo Raya?, 3) Apakah keyakinan diri memiliki pengaruh langsung dan positif terhadap kinerja karyawan PT Bank Tabungan Negara Cabang Solo Raya? , 4) Apakah keyakinan diri memberikan pengaruh mediasi terhadap hubungan antara kepemimpinan diri dengan kinerja karyawan PT Bank Tabungan Negara Cabang Solo Raya? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian kuantitatif. Populasi adalah seluruh karyawan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Solo Raya, sejumlah 90 orang. Sampel di ambil sejumlah 47 karyawan, pengambilan sampel dengan teknik random sampling, Teknik pengumpulan data untuk variabel kepemimpinan diri dan keyakinan diri menggunakan teknik angket, kinerja digunakan teknik dokumenter. Teknik analisis datanya menggunakan uji statistik analisis regresi dengan variabel Intervening Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan : (1) Ada pengaruh yang signifikan Kepemimpinan diri terhadap keyakinan diri karyawan Karena pada taraf signifikan 0,05 diperoleh t hitung sebesar 2.089 > t tabel 1,960. maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti dapat disimpulkan bahwa Hipotesis 1 dapat diterima, sedangkan standart koefisien beta sebesar 0.297. (2) Ada pengaruh yang signifikan Kepemimpinan diri terhadap kinerja karyawan Karena t hitung variable kepemimpinan diri sebesar 3,125 > t tabel 1.960 maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian hipotesis ke 2 dapat diterima. Koefisien beta sebesar 0.346. (3) Ada pengaruh yang signifikan Keyakinan diri terhadap kinerja karyawan Karena t hitung variabel keyakinan diri sebesar 4,779 > t tabel 1.960 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, koefisien beta sebesar 0.529, dengan demikian hipotesis ke 3 dapat diterima (4) Ada pengaruh yang signifikan Keyakinan diri memediasi hubungan antara kepemimpinan diri dengan kinerja Karena dengan adanya peningkatan nilai β secara langsung 0,346 dibandingkan dengan nilai β setelah adanya variabel mediasi naik menjadi 0.503. Hal ini dapat dikatakan bahwa variabel keyakinan diri merupakan variabel intervening. Sehingga hipotesis ke 4 dapat diterima.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.