HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PELAKSANAAN TINDAKAN UNIVERSAL PRECAUTIONS PADA MAHASISWA JURUSAN KEPERAWATAN POLITEKNIK KESEHATAN SURAKARTA
Oleh :
Sunarto
Latar belakang dari penelitian ini adalah terkait pelaksanaan prinsip Kewaspadaan umum (Universal precautions) di Indonesia masih kurang. Universal precautions merupakan upaya pencegahan penularan penyakit dari pasien ke tenaga kesehatan dan sebaliknya. Berdasarkan studi awal di Jurusan Keperawatan didapatkan hasil 70-80% mahasiswa kurang memperhatikan standar ataupun prosedur tindakan Universal precautions. Rata-rata mahasiswa masih bersikap kurang peduli dengan mengangap tindakan universal precautions dilakukan hanya berhadapan dengan klien dengan penyakit menular serta didapatkan informasi yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap Mahasiswa dengan pelaksanaan tindakan universal precautions pada Mahasiswa Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan rancangan cross sectional dan melibatkan 54 responden. Uji statistik menggunakan uji regresi linier ganda. Hasil dari penelitian ini adalah adanya kontribusi dari variabel pengetahuan dengan pelaksanaan universal precaution yaitu sebesar 0,500% dengan tanda parameter positif pada angka 0,500. Hasil t-Hitung variabel pengetahuan sebesar 6,387 > nilai t tabel dengan tingkat kepercayaan 95% yaitu 4,303 sehingga dapat diartikan bahwa ada kontribusi positif dan signifikan pengetahuan terhadap pelaksanaan universal precaution. Perhitungan regresi variabel sikap yaitu 0,500%. Hasil t-Hitung variabel sikap sebesar 6,984 > nilai t tabel dengan tingkat kepercayaan 95% yaitu 4,303 sehingga ada kontribusi positif dan signifikan sikap terhadap pelaksanaan universal precaution. Simpulan dari penelitian ini adalah Pengujian statistik F yang menunjukkan angka sebesar 357,00 lebih besar dari batas kritis (F tabel) yang mensyaratkan batas kritis F tabel sebesar 19,00. Jika dibandingkan maka F hitung > F tabel. Dengan demikian secara simultan variabel pengetahuan dan sikap berhubungan dengan pelaksanaan universal precaution pada mahasiswa Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Surakarta. Kata Kunci: pengetahuan, sikap, pelaksanaan tindakan universal precaution.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.